Wedang Jahe Aneka Minuman Sehat

Tahukah anda banyak sekali aneka minuman sehat dan berkhasiat yang bahan utamanya adalah jahe. Ya, khasiat jahe memang tidak diragukan lagi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama di Pulai Jawa, jahe menjadi minuman yang banyak sekali digemari oleh masyarakat baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda.

Ada banyak sekali aneka minuman sehat yang dijual dan populer dengan bahan utamanya adalah jahe. Aroma yang khas, rasa yang sedikit pedas dan hangat ditubuh ini menjadikan jahe menjadi minuman kesehatan paling terkenal dibanding minuman lain. Berikut beberapa minuman sehat dengan bahan utamanya adalah jahe

  • Wedang Jahe
Wedang Jahe Aneka Minuman Sehat
Wedang Jahe Aneka Minuman Sehat

Wedang jahe adalah minuman paling simple dan paling mudah dibuat dari aneka minuman lainya. Bahan utamanya cukup jahe dan sedikit gula. Anda dapat membuat wedang jahe dengan 2 macam bahan yaitu jahe yang masih utuh dan jahe yang sudah menjadi serbuk.

  • Serbuk Jahe

Jika anda sudah memiliki stock serbuk jahe dirumah, maka membuat wedang jahe akan menjadi sangat mudah. Tinggal ambil 1-2 sendok serbuk jahe, siram dengan air panas, jadi deh.

  • Jahe Utuh

Bagi anda yang tidak memiliki serbuk jahe, maka anda harus sedikit ribet. Pertama anda harus mengambil 1-3 siung jahe, sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Ada yang suka dibakar terlebih dahulu, ada yang suka langsung direbus dengan air sampai mendidih beberapa saat. Kalau saya lebih suka jika dibakar terlebih dahulu diatas api, kemudian bersihkan kulitnya, lalu di geprek / ditumbuk, kemudian baru direbus. Bagi saya rasanya lebih terasa dibandingkan dengan yang langsung direbus.

Setelah air mendidih jangan langsung dimatikan, tunggu beberapa saat, bisa 10-15 menit. Semakin lama maka aroma dan rasa jahe akan semakin terasa. Setelah itu tuang dalam gelas dan campurkan sedikit gula. Nikmati saat sedang hangat, maka akan terasa nikmat dan badan menjadi sehat.

  • Wedang Secang
Aneka Minuman Sehat : Wedang Secang
Aneka Minuman Sehat : Wedang Secang

Secang adalah kayu dari pohon secang. Kayu secang biasanya dijual sudah dalam bentuk potong-potongan dan banyak tersedia dipenjual bahan-bahan jamu. Harganya juga sangat murah. Warnanya kuning kecoklatan, jika direbus maka kayu secang ini akan menjadikan air berwarna merah.

Wedang Secang memang bahan utamanya adalah kayu secang, namun pada umunya wedang secang dicampur dengan berbagai bahan rempah lainya jahe, kapulaga, serai, daun pandan, kayu manis dan gula jawa. Namun kadang yang paling sering digunakan adalah secang, jahe, serai dan gula.

Khasiat wedang secang selain untuk menjaga daya tahan tubuh juga dapat menghilangkan rasa capek pegal linu dibadan setelah lelah bekerja seharian. Meminum wedang secang dimalam hari sebelum tidur, maka besuk paginya saat bangun tidur badan akan terasa bugar dan segar.

  • Wedang Ronde
Aneka Minuman Sehat : Wedang Ronde
Aneka Minuman Sehat : Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman yang paling banyak ditemui di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dari mulai Semarang, Magelang, Yogyakarta dan Solo anda akan banyak sekali menjumpai penjual wedang ronde di pinggir jalan dan di pusat kulineran.

Ronde adalah makanan bulat yang dalamnya berisi gula merah dan campuran kacang, di beberapa daerah ada yang menyebutnya candil atau grendul. Jadi Wedang Ronde adalah campuran Ronde, kacang tanah, kolang-kaling, potongan jeli (agar-agar), dan roti tawar kemudian disiram dengan wedang jahe. Bisa terbayang nikmatnya bukan? Jadi jika anda sedang traveling ke Jogja dan Jateng wajib untuk meminum wedang ronde untuk menjaga tubuh tetap sehat.

  • Sekoteng
Aneka Minuman Sehat : Sekoteng
Aneka Minuman Sehat : Sekoteng

Minuman lain yang tak kalah tekenal adalah Sekoteng. Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari jahe, santan, gula, kacang hijau, bubur mutiara, potongan roti tawar, dan kacang tanah. Minuman ini juga banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah. Walaupun tak sepopuler wedang ronde, namun sekoteng memiliki rasa yang lebih komplit karena ada santan dan kacang hijau nya yang menjadikan rasa manis, pedas, asin dan gurihnya ada.

  • Wedang Uwuh
Aneka Minuman Sehat : Wedang Uwuh
Aneka Minuman Sehat : Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman yang bisa dikatakan murni rempah dan kalau menurut saya wedang uwuh itu jamu yang tampil dengan modern, nikmat dan bermanfaat. Tidak ada campuran roti, jeli, kolang-kaling atuu bahan lain selain rempah. Wedang uwuh adalah rebusan bahan rempah tradisonal seperti Jahe, kayu secang, kayu manis, kapulaga, cengkeh, serai, pala, temulawak, temu mangga, asam jawa dan gula batu.

Tidak ada patokan bahan, karena pada intinya wedang uwuh adalah campuran dari berbagai macam rempah yang direbus menjadi satu. Bagi anda yang ingin membuat sendiri dirumah, maka lebih baik anda belanja sendiri berbagai macam bahanya di penjual bahan jamu, karena jika anda beli yang sudah kemasan terkadang komposisinya kurang lengkap.

Manfaat wedang uwuh tidak usah ditanyakan lagi, karena campuran berbagai macam bahan herbal dan alami ini tentu memiliki khasiat bagi kesehatan anda, apalagi jika anda mau rutin meminumnya dan dengan sedikit gula, maka khasiatnya akan lebih sangat terasa bagi kesehatan anda.

  • Bandrek
Aneka Minuman Sehat : Wedang Bandrek
Aneka Minuman Sehat : Wedang Bandrek

Bandrek adalah minuman dari Jahe dan Susu yang dicampur dengan bahan lain seperti kayu manis, cengkeh, serai, daun pandan, serai, kapulaga, garam dan gula. Minuman ini sangat populer diberbagai daerah dari mulai Medan, Aceh, Bandung dan Jawa. Namun untuk campuran rempah di masing-masing daerah berbeda-beda, namun pada intinya bandrek adalah campuran antara Susu, Jahe dan bahan rempah yang menyehatkan.

  • STMJ
Aneka Minuman Sehat : STMJ
Aneka Minuman Sehat : STMJ

Siapa yang tidak tahu STMJ, Susu Telor, Madu dan Jahe. Minuman ini sangat banyak sekali dijumpai dimanapun. Campuran Susu Murni yang gurih ditambah dengan telor, madu yang manis dan jahe yang pedas panas menjadikan minuman ini banyak sekali menjadi minuman kesegaran baik minuman hangat maupun dingin.

  • Wedang Kacang Tanah
Aneka Minuman Sehat : Wedang Kacang Tanah
Aneka Minuman Sehat : Wedang Kacang Tanah

Wedang Kacang Tanah atau Kapuran ini adalah minuman khas Semarang. Minuman ini sangat sederhana karena hanya dari campuran Kacang Tanah yang memenuhi mangkok dengan kuah santan yang beraroma jahe. Sangat nikmat dinikmati malam hari. Bagi anda yang sedang berada di Semarang, anda dapat menikmat minuman ini.

  • Wedang Tahu Semarang
Aneka Minuman Sehat : wedang tahu semarang
Aneka Minuman Sehat : wedang tahu semarang

Tahu? Apa enaknya tahu dijadikan minuman? Eitss… tunggu dulu. Ini bukan tahu seperti yang anda bayangkan seperti tahu sayur atau tahu bunting ya. Tahu untuk wedang ini adalah terbuat dari susu sari kedelai yang sangat nikmat dan berkhasiat. Tahu dipotong-potong dalam mangkok, lalu dicampur dengan kuah yang berasal dari rebusan jahe, serai, daun pandan dan gula merah. Minuman ini sangat populer di daerah Semarang.

  • Wedang Angsle
Aneka Minuman Sehat : wedang angsle
Aneka Minuman Sehat : wedang angsle

Minuman yang satu ini sangat populer di daerah jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Kediri dan Blitar. Saya sendiri pertama kali mencoba minuman angsle di Blitar saat sedang main kerumah teman. Wedang angsle adalah campuran kacang hijau, roti tawar, mutiara dan diberi kuah santan jahe yang hangat pedas gurih. Yang membedakan dari angsle sekoteng atau bandrek adalah adanya beras ketan hitamnya. Bagi anda yang sedang traveling ke Jawa Timur maka perlu mencoba minuman yang satu ini. Rasa yang khas Jawa Timur sangat nikmat diminum di malam hari.

Berikut Aneka minuman sehat yang menggunakan bahan Jahe. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jahe dapat anda baca disini. Atau jika anda ingin mencoba Membuat serbuk jahe sendiri, kami pernah membuat Tutorial Cara membuar Serbuk Jahe Sendiri, anda dapat mencoba membuatnya lalu dapat anda nikmati ketika hujan dan dingin dicampur dengan perasan lemon, roti tawar, kacang tanah dan susu. Nikmat dan sehat.

, , , , , , , , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com