cara merawat rambut alami

Cara Merawat Rambut merupakan hal yang sangat penting untuk anda ketahui karena rambut bagi seorang pia ibarat Mahkota yang ada diatas kepala sang Raja yang membuat seorang Raja tampak gagah dan berwibawa, sedangkan bagi wanita rambut ibarat sismbol atau lambang yang menunjukan keindahan, keanggunan dan kecantikan.

Berbicara mengenai cara merawat rambut itu ibarat seperti petani yang merawat tanaman padi di sawah. Tanahnya adalah kulit kita, dan tanamanya adalah rambut kita. Untuk mendapatkan hasil tanaman yang hijau, subur dan baik tentu banyak hal yang harus dilakukan. Banyak dari kita yang terlalu fokus dengan rambut kita, tapi melupakan bagaimana kondisi kesuburan dari kulit kepala tempat rambut itu tumbuh.

cara merawat rambut
Loading...
cara merawat rambut

Jadi, jika kita ingin merawat rambut, tentu kita harus mulai dari kulitnya dulu karena disanalah rambut itu tumbuh. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kita harus mencukupi dulu kebutuhan nutrisi dari kulit dan rambut. Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala :

Loading...

Nutrisi untuk Kulit Kepala :

  1. Protin : Yunani yoghurt, telur kuning, kangkung, kacang tanah, kacang, kacang polong, tahu, ayam dan kalkun.
  2. Seng : Chickpeas, bibit gandum, tiram, daging sapi, hati sapi dan daging sapi panggang.
  3. Omega-3 Asam Lemak : Biji rami, walnut, salmon, tuna, kale, kubis Brussel dan minyak lobak.
  4. Zat besi : Sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah, kalkun, kuning telur dan kerang yang disarankan untuk dikonsumsi.
  5. Magnesium : Almond, bayam, kacang mete, kacang, beras merah, halibut dapat menjadi asupan nutrisi agar rambut tidak mudah rontok .
  6. Vitamin A : Wortel, bayam, brokoli, ubi jalar dan labu.
  7. Vitamin C : Buah – buahan
  8. Selenium : Kacang brazil, tuna, halibut, sarden udang

Jadi itulah nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit kepala, nutrisi ini sangat penting untuk menunjang kesehatan dan produksi rambut yang dihasilkan. Nutrisi ini ibarat pupuk kompos bagi tanah sehingga tanah menjadi subur. 

Lalu setelah nutrisi terpenuhi, apa lagi yang harus dilakukan? Kembali lagi seperti jika kita akan menanam padi, maka sebelum ditanam, kita harus mengolah tanah sawahnya dulu dengan membajak, mencetak hingga siap tanam. Lalu bagaimana dengan kulit kepala? Berikut caranya :

Cara Merawat Kulit Kepala dari Luar

lidah buaya untuk rambut
lidah buaya untuk rambut

Setelah mendapatkan nutrisi yang cukup dari dalam, maka kita juga harus merawat kulit kepala tersebut dari luar supaya sehat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kulit kepala supaya sehat antara lain :

Loading...
  1. Lidah Buaya
  2. Santan Kelapa
  3. Minyak Kemiri
  4. Seledri
  5. Jeruk nipis atau lemon
  6. Madu
  7. Pisang
  8. Alpokat

Beberapa bahan tersebut dapat anda gunakan dibagian luar kepala baik di kulit kepala maupun rambut anda sekitar 15 – 30 menit setiap hari atau minimal 3x seminggu. Gunakan sore hari sebelum mandi dan setelah itu gunakan shampoo untuk membilasnya.

Lalu kenapa kita tidak menggunakan produk – produk yang dijual dipasaran? Tentu boleh-boleh saja, karena sekarang juga sudah banyak sekali produk herbal dan alami yang dijual dipasaran. Tapi saya tetap meyakini bahwa yang alami dan natural akan lebih murah, aman dan memuaskan walaupun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Kembali lagi seperti menanam padi di sawah, penggunaan pupuk kimia juga baik asalkan dengan dosis dan komposisi yang tepat, tapi jika hanya pupuk kima saja dan tanpa diimbangi dengan pupuk kompos organik maka cepat atau lambat tanah akan menjadi kehilangan kesuburannya. Lalu apakah dengan melakukan hal diatas saja sudah cukup? Tentu belum, ada beberapa hal lagi yang perlu anda perhatikan antara lain :

Loading...

Cara Merawat Rambut Supaya Sehat

  1. Hindari sinar Matahari yang panas dan terlalu lama
  2. Jeli dan harus tepat memilih sisir
  3. Jangan terlalu sering menyiri rambut
  4. Hindari mewarnai rambut
  5. Jangan Stress!

Demikianlah cara merawat rambut yang menurut kami paling aman, murah dan efektif. Dari beberapa cara dan faktor diatas, mengelola stress adalah kunci penting untuk menjaga dan mendapatkan rambut yang indah. Karena stress sangat berdampak buruk terhadap rambut terutama rontok.

Loading...

, , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com