cara merawat rambut rontok rusak

Rambut rontok tentu saja sangat menjengkelkan dan mencemaskan, apalagi bagi anda yang masih muda, pasti ingin tampil menawan, dan salah satu point penting dalam penampilan anda adalah rambut. Ya… rambut, karena rambut adalah ibarat mahkota. Jika rambut anda putih mungkin bisa diwarnai, tapi kalau rontok?

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang bagaimana cara merawat rambut rontok, anda harus pastikan dan yakinkan dulu bahwa kondisi kesehatan anda baik kondisi pikiran dan fisik anda dalam kondisi sehat. Mengapa? Karena jika anda dalam keadaan stress atau mungkin sedang mengalami sakit sehingga harus menjalani therapy atau mengkonsumsi obat, maka itu tentu dapat menjadi pemicu utama kerontokan rambut anda.

cara merawat rambut rontok rusak
cara merawat rambut rontok rusak

Namun jika anda dalam kondisi normal dan sehat namun mengalami kerontokan rambut, maka anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi kerontokan rambut tersebut. Berikut faktor-faktor yang dapat mengakibatkan kerontokan rambut :

Faktor Kerontokan Rambut

  • Perubahan Hormonal, biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil

Kerontokan pada kondisi ini sangat wajar dan sering dialami. Anda tidak perlu khawatir atau cemas berlebihan karena ibarat tanaman ini seperti perubahan dari musim hujan ke musim kemarau dimana daun-daun rontok dan nanti akan tumbuh kembali jika musim penghujan tiba.

  • Kekurangan nutrisi

Jika kerontokan anda karena kurang nutrisi, maka anda wajib membaca lebih lengkap tentang cara merawat rambut disini.

  • Efek obat

Jika anda baru saja sembuh dari sakit dan mengalami kerontokan, maka anda perlu bersabar dan tidak boleh frustasi. Anda hanya perlu melakukan perawatan yang alami supaya efek obat tersebut lama – lama bisa hilang dan kulit kepala kembali subur sehingga dengan begitu rambut anda akan tumbuh lagi seperti sedia kala. Untuk cara merawat rambut dapat anda baca disini.

  • Efek KB

Bagi beberapa wanita ada yang tidak cocok dengan KB tertentu sehingga berakibat pada kerontokan rambut, ini hampir sama dengan kasus pertama yaitu karena faktor hormonal. Jadi coba konsultasikan ke dokter atau bidan tentang KB yang lebih cocok dengan anda.

  • Anemia

Beberapa orang yang mengalami anemia juga banyak mengalami masalah pada rambutnya. Sulitnya tidur mengakibatkan tubuh anda kurang istirahat, lelah, stress dan mudah emosi, hal ini yang bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut anda. 

Banyak berolahraga, minum air putih yang banyak, hindari kopi dan jangan biasakan begadang supaya siklus tidur anda kembali normal.

  • Penggunaan produk perawatan yang keras atau tidak cocok

Tidak semua produk itu cocok dengan kulit dan rambut anda, walaupun produk mahal sekalipun. Maka sebelum anda membeli atau menggunakan produk perawatan rambut baik shampoo, condistioner, pelembab, atau apapun itu, perbanyaklah mencari informasi atau berkonsultasi terlebih dahulu.

Akan sangat disayangkan jika anda berniat memperindah rambut kemudia mengeluarkan uang banyak namun pada akhirnya harus menyesal karena hasilnya justru mengecewakan. Jika ada teman atau saudara anda cocok dan hasilnya memuaskan menggunakan produk tertentu, jangan langsung ikutan membelinya.

Perhatikan dulu jenis kulit dan rambut anda, karena kulit dan rambut anda belum tentu sama dengan teman anda. Jika memang anda penasaran maka sebaiknya memintanya terlebih dahulu untuk mencobanya beberapa kali, kalau dirasa cocok baru beli dan lanjutkan. 

Cara Merawat Rambut Rontok

  1. Gunakan sisir yang renggang
  2. Sisir rambut dengan perlahan dan jangan terlalu sering menyisirnya
  3. Lakukan perawatan dengan sabar, telaten, dan alami dengan cara yang dapat anda baca disini.
  4. Hindari stress dan jangan frustasi
  5. Jika rontok berlebihan dan terlalu lama, maka konsultasikan ke dokter kulit.
, , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com