Pentas Ki Gadhing Pawukir

Halo Sobat Ngebyar dan Bolo Seno dimanapun berada, sudah pernah melihat aksi Dalang Cilik Gadhing Pawukir dan Nizar belum? Belum lama ini mereka tampil di wayang climen. Ngomong-ngomong, sudah kenal siapa mereka belum? Atau malah baru dengar namanya? Kalau begitu mari kita bahas mengenai sosok Dua Dalang Cilik ini. sebelum membahas Gadhing dan Nizar ini, semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat dan terhindar dari ancara virus Corona ya. Amin…

Gadhing Pawukir Putra Ki Seno Nugroho
Loading...
Gadhing Pawukir Putra Ki Seno Nugroho

Lanjut ke topik kita tentang dua dalang cilik Gadhing Pawukir dan Nizar. Belum lama ini di Youtube di saya melihat dua sosok dalang cilik yang sedang beraksi, lalu dari belakang muncul Ki Seno Nugroho dengan menggunakan kaos merah dan celana pendek naik ke panggung menuju di belakang dua dalang cilik tersebut. Lalu setelah itu Ki Seno Nugroho memeluk salah satu dalang cilik tersebut sambil menangis.

Pelukan yang penuh rasa haru, bangga dan diiringai dengan irama gamelan menambah rasa syahdu, dan tanpa disadari sebagai salah satu penggemar dalang Seno, saya pun ikut meneteskan air mata. Siapa sebenarnya 2 dalang cilik tersebut? Mengapa Ki Seno Nugroho begitu emosional hingga menangis? Ternyata, 2 dalang cilik itu adalah anak dari Ki Seno Nugroho yaitu Gadhing Pawukir dan Nizar. Dan yang semakin mengharukan, ternyata saat itu adalah perayaan Ulant Tahun ke-48 Ki Seno Nugroho.

Loading...

Gadhing Pawukir

Gading dan Nizar
Gading dan Nizar

Gadhing Pawukir adalah anak kandung ki Seno Nugroho. Dia anak kedua dari 3 bersaudara. Dan spesialnya lagi, Gadhing adalah Cucu lelaki satu-satunya dari Ki Suparman yang merupakan Ayah dari Ki Seno Nugroho. Jadi wajar saja kalau Gadhing begitu spesial karena dialah harapan besar dari Ki Seno Nugroho untuk meneruskan perjuangan Ki Suparman dan Ki Seno Nugroho untuk menjadi Dalang Wayang Kulit.

Lalu Nizar? Nizar adalah anak angkat Ki Seno Nugroho. Begini sedikit ceritanya. Jadi sejak usia 2 tahun, Nizar sudah sangat mencintai wayang kulit, dia sering melihar wayang di Youtube, dan dia sangat mengidolakan Ki Seno Nugroho. Hingga suatu ketika, Nizar mengalami sakit demam, sudah coba diberobatkan tapi tidak sembuh-sembuh. Lalu orang tua Nizar bertanya kepada Nizar supaya sembuh minta apa, lalu Nizar menjawab bahwa dia ingin sekali bertemu Ki Seno Nugroho.

Ki Seno Nugroho dan Ki Gadhing Pawukir
Ki Seno Nugroho dan Ki Gadhing Pawukir

Kemudian orang tua Nizar berusaha mencari alamat rumah Ki Seno, lalu menyempatkan diri untuk berkungjung ke Rumah Ki Seno Nugroho bersama dengan keluarga dan pastinya Nizar, dan ternyata benar, begitu bertemu Ki Seno Nugroho, Nizar langsung sembuh. Lalu Ki Seno dan keluarga Nizar menjadi akrab, hingga akhirnya Nizar diangkat menjadi anak Ki Seno Nugroho dan tinggal di rumah Ki Seno. Dan ternyata, kehadiran Nizar juga menjadi berkah tersendiri bagi Ki Seno. Mengapa?

Loading...

Jadi sebelum ada Nizar dirumah Ki Seno, Gadhing adalah seperti anak pada umumnya jaman sekarang yang tidak suka dengan wayang dan lebih suka dengan game online di Smartphone. Ki Seno sempat sedih dan hampir putus asa karena putra satu-satunya yang diharapkan bisa menjadi penerusnya sama sekali tidak suka dan belum ada minat mendalami wayang. Namun dengan hadisnya Nizar, Gadhing berubah dan saat ini mereka lebih senang bermain gamelan dan belajar mendalang daripada main game di Hp.

Oleh karena itu, saat kedua dalang cilik ini beraksi, walaupun tidak lama dan jauh dari sempurna, sebagai seorang Ayah pasti Ki Seno Nugroho sangat merasakan sesuatu yang bercampur aduk antara rasa syukur, bangga dan terharu karena anak lelaki satu-satunya akhirnya mau meneruskan perjuangan ayahnya menjadi seorang Dalang. Dan tentunya, Sang Kakek Ki Suparman juga merasa bangga melihat cucunya mendalang walaupun melihatnya dari Surga.

Bagi sebagian orang, bahkan bagi orang yang tidak mencintai seni, mungkin profesi Dalang bukanlah apa-apa. Tapi bagi seorang seniman, bagi seorang Dalang, bagi pejuang seni yang memberikan seluruh hidupnya untuk memperjuangkan kelestarian budaya terutama wayang kulit, maka tidak ada yang lebih indah dan membanggakan bagi seorang Dalang jika mampu melihat anaknya juga bisa menjadi seorang Dalang.

Loading...

Dudu sanak dudu kadang, saya pun ikut bangga dan bersyukut jika di jaman milenial ini ada bibit-bibit muda yang memilih jalan dan cita-citanya di dunia kesenian tradisional. Semoga Gadhing, Nizar, dan semua anak yang memilih dan bercita-cita menjadi seniman ini kelak benar-benar menjadi seniman sejati yang melestarikan budaya leluhur kita. Selamat Mas Gadhing, Selamat Mas Nizar, nderek bingah Pak Seno Nugroho.

Loading...

, , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com