manfaat jahe
jahe
jahe

Manfaat Jahe – Jahe merupakan salah satu rempah yang banyak sekali manfaatnya dan mudah dijumpai. Jahe juga merupakan salah satu jenis bumbu yang selalu ada didapur karena banyak sekali masakan yang memerlukan bumbu jahe ini. Namun tahukan anda bahwa jahe bukan hanya untuk bumbu masak? Kali ini kita akan membahas lebuh banyak tentang manfaat jahe, jenis-jenis jahe dan cara menggunakan jahe selain untuk bumbu masak.

Jahe adalah salah satu rempah yang mudah didapatkan, selain mudah ditanam sendiri di halaman rumah, dipasar pun banyak sekali kita temukan berbagai macam jenis jahe dan harganya pun tidak terlampau mahal. Hanya saja kita perlu mengetahui macam-macam jahe dan perbedaannya supaya kita dapat membeli jahe yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Jenis-jenis Jahe

Jenis dari jahe ada beberapa macam, namun yang sering kita temui setidaknya ada 3 macam yaitu :

  • Jahe Biasa
jenis jahe
jenis jahe

Jahe biasa ini merupakan jahe yang paling banyak ditemui dipasar karena jahe ini sering digunakan untuk bumbu masakan. Untuk  warna dan ukurannya layaknya jahe pada umumnya, dan harganya juga cenderung lebih murah dibanding jahe merah dan jahe emprit.

  • Jahe Merah
jahe merah
jahe merah

Jahe merah merupakan jahe yang warnanya sedikit merah, lebih banyak difungsikan bukan sebagai bumbu masak namun lebih banyak digunakan untuk bahan jamu dan dibuat serbuk jahe karena jahe ini memiriki rasa yang lebih pedas dan memiliki rasa yang lebih panas dibadan saat diminum. Harganya pun paling mahal dibanding jahe lainnya.

  • Jahe Emprit
JAHE EMPRIT
JAHE EMPRIT

Jahe Emprit adalah jahe yang memiliki ukuran kecil-kecil, namun memiliki rasa paling pedas dan panas dibanding jahe lainnya. Jahe ini sedikit sulit ditemukan dipasaran dibanding jahe biasa dan jahe merah, dan jahe ini paling banyak digunakan untuk minuman atau wedang jahe karena rasanya yang panas. Apabila anda pernah penikmat wedang jahe atau wedang ronde di angkringan, maka jahe yang digunakan adalah jenis jahe emprit ini.

Manfaat Jahe

Berikut beberapa manfaat jahe untuk tubuh kita, antara lain :

  • Melancarkan Pencernaan
  • Mengatasi mual
  • Penghilang nyeri atau sakit
  • Mencegah Resiko Sakit Jantung
  • Mengurangi Reaksi Alergi
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol
  • Penangkal infeksi bakteri dan virus
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Penangkal Kanker
  • Meringankan gejala Arthritis
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengurangi peradangan
  • Menghilangkan stres
  • Membantu proses detoksifikasi alami
  • Membantu penyerapan nutrisi
  • Meningkatkan fungsi sistem pernapasan
  • Meredakan pusing

Kandungan Jahe

Kandungan jahe secara umum terdiri dari air, serat, karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamindan beberapa jenis mineral yang ada di dalam jahe yaitu kalsium, fosfor, dan besi. Selain itu Jahe mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin C. Jahe juga mengandung enzim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol dan senyawa fenolik.

Selain Antioksidan yang ada di dalam kandungan gizinya, jahe juga terdiri dari beberapa jenis komponen bioaktif di antaranya adalah (6)-gingerol, (6)-shogaol, diarilheptanoid dan curcumin. Jahe pun mengandung zat shogaol dan gingerol.

Kegunaan Jahe

Selain untuk salah satu bumbu masakan, jahe sangat banyak digunkan sebagai campuran rempah pada jamu tradisional. Namun kali ini kita akan membahas cara kegunaan jahe lainnya yaitu :

  • Obat luar

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa jahe memiliki rasa panas dan mampu meredakan nyeri serta bisa melancarkan peredaran darah, maka untuk memanfaatkannya jahe bisa digunakan sebagai obat luar. Cara menggunakannya yaitu :

  1. Kupas kulit jahe lalu bersihkan
  2. Tumbuk sampai halus atau bisa menggunakan parutan kelapa
  3. Balurkan pada seluruh anggota badan seperti menggunak param, ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, atau balurkan kebagian tubuh yang memar saja apabila anda mengalami cidera.
  • Serbuk Jahe
serbuk jahe
serbuk jahe

Dipasaran banyak sekali olahan jahe yang sudah dijadikan serbuk, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana bila anda bepergian. Cara membuatnya hanya tinggal mencampurnya dengan air panas, sama seperti ketika kita membuat kopi. Serbuk jahe ini paling banyak dimanfaatkan orang karena sangat praktis.

Namun kita harus memilih serbuk jahe yang baik, dan tentunya ini sulit mengetahui bagaimana serbuk jahe yang baik. Kebanyakan serbuk jahe yang ada dipasaran memiliki campuran gula yang tinggi, ini tentu sangat tidak baik terutama bagi anda yang memiliki kadar gula tinggi. Jadi jika anda bisa membuat sendiri serbuk jahe ini, maka lebih baik anda membuatnya sendiri, karena anda bisa memilih jenis jahe yang tepat seperti jahe merah atau jahe emprit. Atau kalau mau membeli serbuk jahe, belilah yang murni tanpa ada campuran gulanya, sehingga anda tinggal menambahkan gula sesuai dengan selera ketika menyedunya.

  • Minuman Hangat
wedang jahe
wedang jahe

Minuman jahe hangat yang dimaksud disini berbeda dengan membuat wedang jahe dari serbuk jahe, jahe hangat ini langsung dibuat dari jahe yang direbus. Langkah-langkahnya yaitu :

  1. kupas dan bersihkan jahe, atau jika ingin lebih merasakan khasiatnya anda bisa membakarnya terlebih dahulu. Jahe bakar akan memberikan aroma dan rasa yang lebih nikmat.
  2. Iris kasar jahe-jahe tersebut atau tumbuh saja menggunakan cobek dan ulekan sambal.
  3. Rebus dengan air sampai mendidih, dan biarkan sementara waktu supaya aroma dan rasa jahe benar-benar meresap. Untuk manfaat yang lebih anda bisa mencampurkan kayu manis, temulawak, temu mangga, atau kunyit.
  4. Minum selagi hangat, tanpa gula lebih baik untuk kesehatan, namun jika anda merasa kurang bisa menikmati maka lebih baik menggunakan gula aren atau gula merah daripada menggunakan gula pasir.

Berikut penjelasan mengenai manfaat, jenis, kandungan, dan cara menggunakan jahe. Banyak sekali manfaat dan cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan keampuhan khasiat dari jahe ini. Mari kembali ke minumal alami yang menyehatkan daripada terlena dengan minuman nikmat yang tidak bermanfaat.

, , , , , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com