Es Jamu Beras Kencur

Beras Kencur dan Kunir Asam adalah 2 jamu yang paling populer di kalangan masyarakat, karena kedua jamu ini memiliki rasa yang enak, segar dan tidak pahit sehingga banyak orang muda dan anak-anak yang juga menggemari minuman tradisional ini. Beras kencur juga nikmat disajikan baik hangat maupun dingin. Dan minuman ini juga dapat dijadikan elternatif pengganti kebiasaan kopi atau teh di keluarga anda.

Beras kencur banyak sekali dijumpai di toko jamu, tukang jamu keliling maupun di swalayan-swalayan. Maklum saja saat ini gaya hidup sehat dan alami sudah mulai tumbuh kembali. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui konsumsi Aneka Minuman sehat tradisional yang alami dan mengurangi minuman kemasan saat ini mulai berkembang. Oleh sebab itu banyak UKM yang mulai memproduksi aneka minuman tradisional yang segar, nikmat dan berkhasiat.

Bahan Jamu Beras Kencur
Bahan Jamu Beras Kencur

Walaupun beras kencur dan kunis asam banyak dijumpai, namun sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahanya cukup mudah dan murah, bahkan kita bisa mengolahnya sesuai keinginan dan kebutuhan kita masing-masing. Misal ada yang ingin aroma kencurnya lebih terasa, ada yang kadar gulanya dikurangi, atau ada yang ingin ditambahi bahan rempah lainya. Selain itu dengan membuat sendiri, kita juga dapat memilih bahan-bahan yang memang baik dan berkualitas.

Bahan Membuat Jamu Beras Kencur:

Bahan Membuat Jamu Beras Kencur
Bahan Membuat Jamu Beras Kencur
  • Beras kira-kira 200-300gram
  • Kencur kira2 6-8 ruas
  • Jahe 2 ruas saja, sesuai selera. Bagi yang memiliki maag mungkin sebaiknya tidak perlu memakai jahe.
  • Air kira-kira 600-800 ml
  • ¼ kg gula jawa / gula aren
  • Asam jawa kira-kira 1 sendok makan atau 1 ruas saja
  • Gula pasir kira-kira 50 gram saja
  • Bisa ditambahkan sedikit garam

Cara Membuat Jamu Beras Kencur:

  1. Yang perlu anda lakukan pertama adalah merendam Beras minimal 3 jam. Semalaman juga lebih baik. Tujuanya supaya beras lunak.
  2. Tumbuk atau blender beras yang sudah direndam tadi.
  3. Rebus semua bahan: kencur, jahe, asam, gula kedalam air yang sudah disediakan sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukan beras yang sudah diblender kedalam rebusan jamu dan aduk sampai merata. Biarkan 15 menit setelah mendidih dengan tetap direbus dengan api kecil akan lebih baik.
  4. Setalah itu matikan api dan biarkan jamu dingin terlebih dahulu
  5. Setelah dinging, saring rebusan jamu beras kencur kedalam wadah baik gelas atau botol dengan menggunakan saringan yang rapat. Bisa kain bersih.

Mudah bukan? Dengan begitu anda sudah bisa membuat beras kencur sendiri dan dapat menyimpanya di kulkas supaya dingin dan segar. Jika sedang cuaca panas atau saat anak anda ingin meminta minuman segar, maka anda bisa memberikan beras kencur dingin ini yang lebih segar, sehat, alami dan berkhasiat.

Khasiat Jamu Beras Kencur

Beras kencur banyak sekali memiliki khasiat yang baik untuk kita konsumsi setiap hari. Selain mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, beras kencur juga dapat menjaga sistem pencernaan kita untuk tetap sehat. Beras kencur diyakini mampu menebalkan dinding lambung sehingga mencegah kita dari sakit maag.

Selain itu kandungan kencur sudah kita ketahui bersama sangat baik untuk sistem pernapasan dan menyembuhkan batuk terutama pada anak-anak. Oleh karena itu jika anak kita batuk, memberikan beras kencur pada anak akan sangat membantu untuk melegakan batuk anak. Manfaat lain memberikan beras kencur pada anak adalah dapat menambah nafsu makan pada anak.

Jadi mulai sekarang mari biasakan hidup sehat, kembali ke makanan dan minuman tradisional yang murah, sehat, alami, tampa efek samping, tanpa pengawet dan tentu baik untuk kesehatan. Selain itu dengan membiasakan mengkonsumsi jamu dan minuman tradisional seperti beras kencur dan kunir asem juga dapat melestarikan tradisi leluhur kita.

, , , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com