Ki Manteb Soedharsono Dalang Setan

Ki Manteb Soedharsono adalah Pria kelahiran 31 Agustus 1948 di Jatimalang, Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah ini merupakan salah satu Dalang Kewahyon karena Ki Manteb Soedharsono juga merupakan anak seorang dalang yang bernama Ki hardjo Brahim Hardjowijoyo, Kakeknya juga merupakan Dalang Kondang pada masanya yaitu Ki Dalang Tus. Selain itu ibunya juga seorang seniman yaitu seorang Sinden dan pengrawit yang hebat.

Bakat dan keinginan mendalang Ki Manteb Soedharsono sudah terlihat dari kecil, beliau begitu antusian dan semangat mempelajari seni. Dibawah asuhan Ayahnda langsung, dengan didikan yang disiplin dan tepat maka bakat seninya pun melambung pesat. Pada usia 5 tahun beliau sudah mampu memainkan beberapa alat seni tradisional seperti boning, demung dan kendang. Bahkan di usia 10 tahun beliau sudah mampu membuat wayang kulit sendiri.

Pada usia 14 tahun Ki Manteb Soedharsono sudah mampu menguasai seluruh instrument musik gamelan, bahkan beliau sudah sanggup menjadi penggendang di sebuah pagelarang wayang kulit yang dibawakan oleh dalang Ki Warsino dari Wonogiri. Dari kesempatan itu beliau belajar banyak dari Ki Warsino.

Loading...

Selain dari Ki Warsino, beliau juga belajar langsung dari Dua dalang kondang yaitu Ki Nartosabdo dan Ki Sudarman Gondodarsono. Dari Ki Nartosabdo beliau belajar tentang seni dramatisasi kisah pewayangan, sedangkan dari Ki Sudarman Gondodarsono beliau belajar tentang teknik sabet karena Ki Sudarman merupakan ahli sabet pada sekitar tahun 1974. Berikut beberapa keistimewaan Ki Manteb Soedharsono :

Baca Juga : Ki Narto Sabdo, Sang Maestro dan Pahlawan Seni Indonesia.

Ki Manteb Soedharsono Raja Sabet
Ki Manteb Soedharsono Raja Sabet

Raja Sabet

Sampai saat ini masih jarang ditemukan sosok Dalang yang memiliki Skill atau kemampuan memainkan wayang atau yang sering disebut Sabetan sehebat Ki Manteb. Bahkan karena sabetanya yang memukau ini lah yang membuat salah satu dalang kondang saat ini yaitu Ki Seno Nugroho

Loading...
terbuka tekadnya untuk menjadi dalang. Ketika itu Ki Seno Nugroho masih kelas 2 SMP. Bahkan sebelum Ayah dari Ki Seno Nugroho meninggal pun beliau sempat menitipkan Ki Seno Nugroho kepada Ki Manteb. Selain itu Ki Manteb juga merupakan guru dari dalang kondang Alm. Ki Enthus Susmono.

Loading...

Baca Juga : Ki Seno Nugroho, Dalang “Seribu Satu Malam” dari Yogyakarta.

Dijuluki Dalang Setan

Selain terkenal dengan sabetan wayangnya yang memukai, Ki Manteb Soedharsono juga sangat mahir membawakan cerita wayang yang modern, menarik dan memukau penonton. Saat adegan peperangan, maka semua penonton akan dibuat terperangan akan permainan sabetan yang cepat dan berputar-putar. Oleh sebab itu beliau mendapat julukan Dalang Setan karena permainanya yang seperti orang kesetanan.

Kreatif dan Inovatif

Ki Manteb Soedharsono merupakan pelopor wayang modern. Musik dan instrument yang beliau bawakan banyak memakai alat musik modern untuk mendukung dramatisasi kisah pewayangan yang beliau bawakan. Selain itu beliau berpendapat bahwa wayang harus mengikuti perkembangan jaman supaya dapat dinikmati oleh kalangan muda. Karena itu Ki Manteb sering membawakan cerita dan musik yang modern untuk memikat hati penonton.

Loading...

Untuk prestasi, berikut beberapa prestasi yang berhasil diukir oleh Ki Manteb Soedharsono :

  • Tahun 1982 Ki Manteb mendapat juara Pakeliran Padat se-Surakarta. Prestasi tersebut membuat namanya mulai menanjak.
  • Tahun 1995 Ki Manteb memperoleh penghargaan dari Presiden Soeharto berupa Satya Lencana Kebudayaan.
  • Tahunahun 1998 Ki Manteb menggelar pertunjukkan kolosal di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah, dengan lakon Rama Tambak. Pergelaran yang sukses ini mendapat dukungan dari pakar wayang STSI.
  • Tahun 2004 Ki Manteb memecahkan rekor MURI mendalang selama 24 jam 28 menit non-stop tanpa istirahat.
  • Tahun 2010 mendapatkan penghargaan “Nikkei Asia Prize Award 2010” dalam bidang kebudayaan dianugerahkan karena kontribusinya yang signifikan bagi kelestarian dan kemajuan kebudayaan Indonesia khususnya wayang kulit.
Ki Manteb Soedharsono dan Ki Anom Suroto
Ki Manteb Soedharsono dan Ki Anom Suroto

Ki Manteb Soedharsono merupaka dalang yang beruntung karena selain terlahir dari keluar seniman dan keturunan dalang, tetapi beliau juga berkesempatan untuk belajar langsung dengan dalang-dalang maestro dan kondang seperti Ki Nartosabdo, Ki Anom Suroto dan Ki Sudarman Gondodarsono.  Dan hebatnya kesempatan itu tidak beliau sia-sia kan dan mampu ia buktikan dengan rentetan prestasi yang luar biasa dan mampu menyandang julukan Dalang Seta Raja Sabet.

Dengan berbagai prestasi dan keahlian memainkan wayang yang luar biasa, maka sepertinya sulid mencari dalang yang seperti beliau. Tak dapat dipungkiri bahwa Ki Manteb Soedharsono merupakan dalang yang tak lekang oleh jaman. Walaupun sakarang banyak dalang-dalang muda yang hebat, tapi Ki Manteb Soedharsono tetap memiliki tempat tersendiri di hati pecinta wayang.

Loading...
Loading...

, , , , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com