Ki Seno Meninggal

Kabar duka bagi pecinta wayang kulit di Indonesia, dimana pada hari ini Selasa 3 November 2020 Dalang Kondang Ki Seno Nugroho telah berpulang ke Sang Pencipta pada pukul 20.00 WIB. Seluruh seniman dan bahkan Indonesia benar-benar kehilangan sosok dalang yang fenomenal dengan julukan “Dalang Seribu satu malam” ini.

Ki Seno Nugroho adalah dalang muda yang saat ini sangat digemari oleh para pecinta seni terutama wayang kulit baik di Jawa, Luar Jawa bahkan Luar Negeri. Beliau adalah barometer wayang kulit saat ini. Dalang yang sangat terkenal dengan rool bagongnya ini kini telah tiada. Dalang yang cerdas, lucu dan selalu fresh dalam setiap pertunjukanya ini kini telah kembali ke pangkuan Sang Ilahi.

Mari sejenak kita mengheningkan cipta dan mengirimkan doa semoga beliau diampuni segala dosanya dan diberi tempat yang indah di Surga. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan juga senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan.

Loading...

Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya Ki Seno Nugroho ini, tapi jika kita ingat memang beberapa bulan ini kondisi Ki Seno Nugroho memang sedikit kurang sehat. Beberapa waktu lalu beliau juga sempat harus opname di Rumah Sakit karena sakit yang sempat diperkirakan sakit Jantung tapi ternyata tidak.

Tapi sejak opname itu sebenarnya Ki Seno Nugroho sudah terlihat sehat dan bahkan sudah mulai rutin kembali menggelar pementasan wayang kulit climen dan live streaming di Youtube. Oleh karena itu sampai saat ini kami juga belum dapat memastikan penyebab meninggalnya Ki Seno Nugroho.

Ki Seno Nugroho dan Ki Gadhing Pawukir
Loading...
Ki Seno Nugroho dan Ki Gadhing Pawukir

Yang sempat mengharukan bagi saya pribadi adalah moment dimana ketika Ki Seno Nugroho menyaksikan pementasan wayang yang di Dalang i oleh anaknya sendiri yaitu Gading Pawukir yang berduet dengan anak angkatnya Nizar. Saat ini Ki Seno menangis haru bahagia karena melihat anak lelaki satu-satunya juga sudah bisa mendalang. Pasti Ki Seno merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat itu karena ada penerusnya yang akan meneruskan perjuangan di jalur seni sebagai seorang dalang untuk menjaga dan melestarikan budaya kita.

Loading...

Selamat jalan Ki Seno Nugroho, beristirahatlah dengan tenang. Terima kasih sudah menjadi pejuang seni bagi bangsa ini. Terima kasih sudah menghibur kami setiap malamnya. Karenamu kini banyak generasi muda yang kembali mencintai wayang kulit. Kami akan selalu merindukanmu. Merindukan kelucuanmu. Merindukan Bagongmu yang tiada duanya. Sugeng tindak Ki Seno, wes kepenak panggonmu.

Loading...

, ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com