Ki Timbul Hadiprayitno

Ki Timbul Hadiprayitno – Perkembangan jaman memang membuat dilematis bagi perkembangan seni tradisional terutama wayang kulit. Disatu sisi tuntutan akan eksistensi menuntut dalang untuk berkreasi dan berinovasi sehingga banyak bergeser dari pakem, namun tidak dengan Ki Timbul Hadiprayitno, beliau merupakan dalang yang menjaga pakem pewayangan sampai akhir hayatnya.

Banyak dalang kondang di Negeri ini, namun hanya Ki Timbul lah yang berhasil menjadi idola Dua tokoh besar di Indonesia yaitu Presiden Soeharto dan Presiden Gus Dur. Karena kesetiaanya netepi dharma, Ki Timbul selalu menjaga pakem pewayangan dalam setiap pertunjukanya sehingga membuat dua sosok presiden Indonesia mengidolakannya. Dan karena kesetiaannya menjada pakem inilah maka beliau dijuluki juga sebagai dalang ruwatan.

Ki Timbul Hadiprayitno

Dalang Timbul Hadiprayitno
Loading...
Dalang Timbul Hadiprayitno

Ki Timbul Hadiprayitno lahir di Purworejo tahun 1932, beliau merupakan salah satu dalan kewahyon karena kedua orantuanya memiliki darah dalang. Ayahnya adalah seorang dalang bernama Gito Wasito, dan ibunya juga merupakan keturunan dalang juga. Namun begitu beliau tidak hanya mengandalkan kedua orangtuanya saja, meskipun ayahnya dalang beliau tetap belajar ilmu pedalangan dengan serius.

Loading...

Ki Timbul belajar ilmu pedalangan di Sekolah Dalang Habiranda kraton Yogyakarta selama dua tahun. Selain itu beliau juga sangat gemar membaca dan mempelajari lebih dalam tentang pewayangan sehingga lakon banjaran yang tidak ada dibuku pun berhasil beliau tampilkan dengan sangat indah. Selain itu Ki Timbul juga sempat belajar ilmu pedalangan pada dalang-dalang senior pada zaman itu seperti dalang Ki Gondo Margono, Ki Narto Sabdo, Ki Bancak dan Ki Hadi Kasmo.

Sampai masa tuanya Ki Timbul tetap eksis mendalang dan mengajarkan ilmunya dengan menjadi dosen tamu di Institut Seni Yogyakarta dan menjadi guru dalang di Habiranda keraton Yogyakarta karena beliau juga merupakan abdi kraton sampai akhir hayatnya. Di Keraton Yogyakarta pun sampai saat ini beliau masih tercatat sebagai abdi dalem dengan gelar Mas Rio Cermo Menggolo.

Ki Timbul Hadiprayitno

Banjaran Bimasena oleh Dalang Timbul Hadiprayitno
Banjaran Bimasena oleh Dalang Timbul Hadiprayitno

Konsistensi dan integritasnya dalam dunia wayang sangat tinggi, dia tidak membeda-bedakan antara gagrak Yogyakarta maupun Surakarta, semua sama baiknya, hanya saja beliau tidak pernah ngawur, yang penting laku keras dan mengejar popularitas dalam setiap pementasanya. Baginya dia hanya ingin menjadi dalang yang Netepi Dharma, dharma sebagai dalang dan dharma wayang itu sendiri, bukan karena uang atau popularitas.

Loading...

Meskipun banyak penghargaan yang sudah beliau peroleh semasa hidupnya, bahkan beliau merupakan salah satu dalang langganan yang sering di undang ke Istana waktu itu, tapi hidupnya tetap sederhana. Kesetiaannya pada profesinya sangat luar biasa, tanggung jawabnya begitu besar. Sampai di usia tua dan sedang sakit pun, ketika beliau sudah menyanggupi untuk mendalang, maka beliau tidak pernah ingin digantikan oleh siapapun termasuk oleh anaknya. Baginya lebih mulia jika memang harus meninggal ketika mendalang daripada harus melepas tanggung jawab. Sungguh sosok yang patut kita jadikan panutan.

Selain mendalang, Ki Timbul juga memiliki keahlian membuat wayang sendiri dan membuat tokoh wayang yang sesuai dengan keinginannya. Disela-sela waktu yang ada, beliau selalu mengisinya dengan membuat wayang atau memperbaiki sendiri wayangnya yang rusak. Baginya wayang adalah hidupnya, jadi beliau selalu mengisi waktunya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan wayang.

Semasa hidupnya Ki Timbul Hadiprayitno pernah menikah sebanyak Tiga kali dan dikaruniai 14 anak. Beliau meninggal dan dimakamkan di Patalan, Jetis, Bantul, Yogyakarta pada tanggal 10 Mei 2011 lalu. Selain meninggalkan keluarga yang beliau cintai, Ki Timbul juga meninggalkan sebuah teladan bagi kita tentang pentingnya dedikasi, integritas dan kesetiaan terhadap profesi dan pekerjaan kita. Semoga tenang di Surga, wayangmu akan selalu menggeman di Bumi Nusantara, Ki Timbul Hadiprayitno.

Loading...

Baca Juga :

Loading...

, , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com