Kunir asem kunyit asam

Kunir Asem atau Kunyit Asam dan beras kencur adalah minuman jamu tradisional yang paling banyak disukai oleh semua orang bahkan anak-anak. Kenapa? Karena kedua minuman ini paling mudah dan paling banyak dijumpai di pedagang jamu, pasar bahkan swalayan. Selain itu rasanya yang enak dan segar membuat anak-anak pun sangat suka, tidak seperti jamu lain yang pada umumnya sangat pahir.

Kunir Asem dibuat dari bahan utama yaitu Kunir, Asam jawa dan gula jawa. Hanya 3 bahan itulah yang menjadi bahan pokok pembuatan kunir asem. Sangat mudah didapat dan sangat murah. Bahkan jika anda ingin membuatnya sendiri dirumah pun caranya sangatlah mudah. Justru apabila anda mau membuat sendiri, anda dapat memilih bahan yang berkualitas dan komposisi yang lebih tepat.

Memang tidak ada aturan baku tentang komposisi pembuatan kunis asem, tapi kebanyakan kunir asem yang dijual menggunakan gula jawa yang terlalu banyak. Memang gula membuat rasa manis, enak dan lebih bisa dinikmati banyak orang terutama anak-anak, tapi jika terlalu sering dan terlalu berlebihan tentu tidak baik juga. Oleh karena itu, jika bisa membuat sendiri maka untuk komposisi gula bisa lebih dikontrol dan disesuaikan.

Loading...
Bahan cara membuat Kunir asem atau kunyit asam
Loading...
Bahan cara membuat Kunir asem atau kunyit asam

Cara Membuat Kunir Asem

Untuk cara membuat kunis asem sangatlah mudah, perlu anda coba dan jangan takut gagal. Pertama yang harus anda lakukan andalah menyiapkan bahan antara lain :

  • Air 600 ml
  • Gula jawa kira-kira 100 gram saja
  • Asam Jawa 20 gram
  • Kunyit kira-kira 8-10 buah yang berukuran besar

Cara membuat Kunir Asem:

  1. Rebus air sampai mendidih
  2. Sambil menunggu rebusan air mendidih, kupas kulit Kunyit dan cuci sampai bersih, lalu parut/blender dengan ditambahkan sedikit air, kemudian peras dengan menggunakan kain bersih. Ambil air perasanya.
  3. Jika air sudah mendidih, jangan matikan api, cukup kecilkan saja. Kemudian masukan perasan Kunyit, asam dan gula jawa tadi
  4. Tunggu hingga beberapa saat antara 10-15 menit supaya semua bahan larut.

Jika bahan sudah siap semua sebelum air dididihkan, maka anda juga bisa memaskuan semua bahan langsung bersama dengan air ketika air baru mau direbus. Kemudian jika api sudah dimatikan, tunggu sampai air dingin. Jika sudah dingin, saring rebusan kenyit asam tadi dan masukan kedalam botol atau gelas.

Loading...

Menyimpan Kunyit Asam di kulkas dan menjadikan kunyit asam sebagai stok minuman segar dikulkas tentu sangat baik dan lebih baik dibandingkan anda harus meminum minuman segar lain yang kemasan karena jamu kunyit asam jelas lebih sehat, berkhasiat, alami dan bebas pengawet atau efek samping lainya.

Adapun khasian dari Kunyit Asam adalah:

  • Menghilangkan Mual
  • Menjaga sistem pencernaan, karena kunyit sangat baik untuk lambung dan usus kita.
  • Membantu mengobati maag dan asam lambung
  • Mengurangi perut kembung
  • Menghilangkan sariawan
  • Melancarkan HAID bagi wanita
  • Baik juga diminum untuk ibu hamil
  • Menghilangkan bau badan dan bau mulut

Jika anda sudah tahu cara membuatnya, tahu manfaatnya, maka mulai sekarang baik jika kita mulai rutin mengonsumsi minuman tradisional yang satu ini karena akan banyak sekali manfaat yang kita dapat bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu banyak juga Minuman Tradisional Indonesia yang enak, Alami dan Menyegarkan lainya.

Dan dengan rajin memberikan minuman ini ke anak, maka kecenderungan anak untuk membeli dan mengkonsumsi minuman kaleng atau kemasan tentu akan berkurang sehingga anak akan lebih sehat. Selain Kunyit Asam, anda juga memberikan selingan minuman tradisional lainya seperti beras kencur yang tak kalah enak dan manfaatnya. Atau bisa juga dicampurkan keduanya.

Loading...
Loading...

, , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com