Lirik dan arti lagu lingsir wengi

Lagu Lingsir wengi adalah salah satu tembang jawa yang konon sudah ada sejak jaman Sunan Kalijaga. Banyak cerita yang beredar bahwa lagu ini merupakan lagu yang berbau mistis dan sangat horor, dimana konon ceritanya jika kita menyanyikan lagu ini dimalam hari, maka akan mengundang mahluk halus untuk datang. Benarkah demikian?

Sebelum menyimpulkan bahwa itu mitos atau fakta, maka baik jika lebih dulu kita melihat lirik dan arti lagu Lingsir Wengi ini secara perlahan dan mendalam supaya kita paham maksudnya. Dan mungkin juga kita dapat berimajinasi untuk membayangkan waktu, situasi dan kondisi si pencipta lagu dulu saat menciptakan lagu ini. Yang pasti lagu ini sangat legendaris untuk masyarakat jawa.

Oya, belum lama ini lagu Lingsir Wengi mendadak populer lagi karena salah satu gitaris terbaik dunia (menurut saya) membawakan lagu ini dengan sangat gila dan keren sekali, orang itu adalah “Alib_Ba_Ta”. Bagi anda penjelajah youtube pasti sudah tidak asing lagi dengan Mas Alib ba ta ini. Kapan-kapan kita bahas profilenya karena dia merupakan gitaris asal Indonesia yang dikagumi dunia. Berkat dia pula lagu Lingsir Wengi jadi di kenal dunia.

Berikut Lirik dan Arti Lagu Lingsir Wengi :

Lirik dan arti lagu lingsir wengi
Lirik dan arti lagu lingsir wengi

Lingsir wengi

Saat menjelang tengah malam

Sepi durung biso nendro

Sepi tidak bisa tidur

Kagodho mring wewayang

Tergoda oleh bayanganmu

Kang ngreridhu ati

Yang mengusik Hati

Kawitane

Awalnya

Mung sembrono njur kulino

Hanya bercanda lalu terbiasa

Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno

Tidak mengira akan berubah menjadi cinta

Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi

Tapi ternyata aku sendiri yang mengalami

Nandang bronto

Menderita sakit hati

Kadung loro

Terlanjur Sakit

Sambat-sambat sopo

Aku harus mengeluh kepada siapa

Rino wengi

Siang dan malam

Sing tak puji ojo lali

Yang saya cinta jangan sampai lupa

Janjine mugo biso tak ugemi

Semoga bisa kupegang janjimu.

Kalau kita bawa dan pahami lirik demi lirik, sebenarnya ini murni lagu cinta atau tembang kasmaran. Jelas sekali lagu ini menggambarkan perasaan hati seseorang yang sedang jatuh cinta, dimana awalnya dia hanya teman biasa yang sering bercanda bersama lalu berubah jadi cinta dan akhirnya disetiap malam dia merasakan kesepian yang luar biasa karena rasa cinta dan rindu kepada pujaan hatinya.

Mungkin karena nada lagu ini sedikit berbau serem-serem gitu, ditambah lagu ini sering dijadikan soundtrack film-film horor, maka tercipta image di masyarakat bahwa lagu Lingsir Wengi ini adalah lagu horor. Tapi kalau menurut saya pribadi ini murni lagu cinta yang sangat indah dan dalam.

Jadi bagi anda yang bisa bermain gitar, apalagi pandai memainkan petikan gitar, cobalah membawakan lagu ini dimalam hari sambil membayangkan sang pujaan hati. Ditemani secangkir kopi pasti akan terasa syahdu sekali.

, , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com