profile didi kempot lord didi pakdhe didi the god father of broken heart9

0505-2020, sungguh tanggal yang indah yang Tuhan berikan pada seorang Didi Kempot untuk berpulang. Dimana padi sekitar Pukul 07.30 Sang Maestro Didi kempot atau Dionisius Prasetyo harus berpulang karena serangan Jantung di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta. Indonesia kembali harus berduka di bulan puasa ditengah wabah virus Corona yang masih melanda.

Didi Kempot ; Seniman, penyanyi, pencipta lagu, pejuang seni yang mampu bertahan dan berhasil bukan karena bakatnya saja, melainkan juga karena keberanianya mengambil genre musik jawa campur sari, semangatnya yang pantang menyerah, tekadnya yang kuat untuk terkenal, keyakinanya bahwa dia akan berhasil. Dan setelah lebih 30 tahun berkarya, meniti karir dari pengamen sampai menjadi artis papan atas yang mampu menasionalkan musik jawa, bukan hanya di Indonesia tapi sampai manca negara, bukan hanya orang tua tapi orang muda dan remaja.

profile didi kempot lord didi pakdhe didi the god father of broken heart8
profile didi kempot lord didi pakdhe didi the god father of broken heart8

2019 sampai saat dia berpulang adalah masa dimana dia berada dipuncak karirnya, masa dimana dia mampu membuktikan bahwa musik jawa bisa diterima diseluruh kalangan rakyat Indonesia. TV, youtube dan media sosial dipenuhi dengan alunan karya-karyanya yang dicover oleh banyak pennyanyi di Indonesia. Konser besar dan kolaborasi dengan penyanyi terkenal pun sudah mampu Didi Kempot lakukan, bahkan penyanyi lain yang harus menyesuaikan dengan lagu bahasa jawa.

Yang paling mengagumkan adalah Konser sederhananya yang belum lama ini ia gagas dan akhirnya terlaksana, dimana saat Dunia dan Indonesia sedang berduka karena Virus Corona, Sang Maestro berinisiatif untuk mengadakan konser Amal yang disiarkan live di Kompas TV. Konser yang digelar tanpa penonton, dimana hanya disebuah tempat sederhana dan hanya diiringi dengan beberpaa pemain musik namun ternyata dampaknya luar biasa.

Didi Kempot
Didi Kempot

Konser yang digelar dalam waktu 3jam itu berhasil mengumpulkan dana sekitar 5M, dan seminggu kemudian bertambah menjadi 7.6M. Sepertinya sulit untuk bisa dilakukan oleh manusia manapun di Indonesia ini untuk bisa membangkitkan rasa para pemirsa sehingga mau berpartisipasi dan mengulurkan bantuan, padahal server sempat down dan dialihkan ke bank lain, namun tidak mengurangi antusian pemirsa. Sungguh, hanya Lord Didi yang bisa melakukanya.

Karya-karya Didi Kempot yang mampu mewakili berjuta rasa yang dialami oleh orang Indonesia menjadi kunci utama keberhasilan Didi Kempot menjadi diterima dan dicintai oleh para penggemarnya. Lagu-lagunya yang menyayat hati, dalam dan mampu mengungkapkan kepedihan hati yang dirasakan oleh seseorang menjadi ikatan emosional tersendiri, sehingga dia mendapat julukan The God Father of Broken Hearth.

Selain itu, kesederhaan dan kerendahan hati seorang Didi Kempot juga menjadikan dia sangat dicintai dan disegani baik oleh keluarga, tetangga, sesama artis dan penggemar. Tentu anda tahu bagaimana Didi Kempot mengajak seorang anak tuna netra untuk rekaman belum lama ini, namanya Arda atau lebih dikenal Arda Tatu.

Arda adalah anak Tuna netra asal Klaten yang sangat mengagumi Didi Kempot. Disuatu kesempatan waktu Didi Kempot pentas, Arda meminta duet dengan Didi Kempot. Melihat potensi yang dimiliki Arda, Didi kempot mengajaknya untuk rekaman. Dan benar saja, lagu-lagu yang dibawakan Arda langsung populer seperti lagu Tatu, Kagem Ibu, dan Tulung.

Didi Kempot sudah banyak menciptakan lagu, lebih dari 700 lagu yang sudah dia ciptakan. Berbagai konser baik di Indonesia maupun manca negara juga sudah pernah dia lakukan. Duet dengan pernyanyi terkenal di Indonesia juga pernah dia lakukan. Berbagai acara amal dari yang kecil sampai yang berhasil mengumpulan uang diatas 7M juga sudah mampu dia lakukan. Menyanyi di hadapan beberapa Kepala Negara juga pernah dia lakukan. Berbagai pernghargaan juga pernah dia dapatkan. Tapi, ada mimpi dan keinginan seorang Didi Kempot yang belum terpenuhi.

Pertama, seorang Didi Kempot sangat ingin sekali bisa menciptakan lagu yang bisa menjadi lagu Nasional seperti lagu “Gebyar-gebyar” yang diciptakan oleh Gombloh. Sampai dia harus menghadap ke Sang Ilahi, mimpinya untuk menciptakan lagu untuk Indonesia ini belum terpenuhi.

Baca :

Kedua, dengan suksesnya Konser Amal 11 April 2020 yang live di Kompas TV itu, Didi Kempot ingin sekali menggelar konser besar jika wabah corona ini sudah berlalu dengan tajuk Bersyukur kepada Alam dan Maha Kuasa. Namun, mimpi ini pun kembali tidak terpenuhi.

Pakdhe, teruslah bernyanyi…bernyanyi dan bernyanyi… Tuhan ingin sekali mendengarmu bernyanyi di Surga saat ini. Hiburlah para penghuni Surga dengan suara dan tembangmu yang indah. Biarkan kami yang menyanyikan lagu-lagumu di Bumi ini, karena karyamu akan tetap abadi.

“Ora kroso netes eluh neng dodoku….”

         “Wes kepenak panggonmu, sedaya mung nunggu wektu…”

, , , , , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com