Minum Jamu Saat Puasa

Minum jamu saat puasa menjadi kekhawatiran bagi banyak orang yang hobi minum jamu namun sedang menjalankan ibadah puasa. Perlu diketahui bahwa saat ini minumal tradisional seperti jamu menjadi populer dan trend kembali dikalangan masyarakat setelah munculnya pandemi Virus Corona atau Covis-19.

Penelitian dan anjuran yang menyatakan bahwa kandungan yang ada pada minuman tradisional seperti jahe, kunir, kencur, temulawak dan sebagainya sangat membantu untuk menjaga sistem imun dan meningkatkan daya tahan tubuh kita untuk tetap fit dan bugar. Apalagi bagi anda yang masih harus beraktifitas dengan menjalankan ibadah puasa ditengah pendemi virus corona, menjaga badan tetap fit, sehat dan bugar adalah hal yang wajib dilakukan.

Tentu banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga badan tetap fit yaitu dengan tetap berolahraga atau melakukan aktifitas dirumah, menjaga pikiran untuk selalu bersyukur dan bahagia, serta mengonsumsi makanan yang memang baik untuk tubuh seperti buah, sayur dan juga jamu yang memang sudah terbukti sehat bermanfaat dan alami.

Minum Jamu Saat Puasa es jamu kunir asem
Minum Jamu Saat Puasa es jamu kunir asem

Salah satu minuman tradisional yang sangat direkomendasikan saat ini adalah minuman dari Jahe. Jahe bisa dikolaborasi dengan berbagai bahan tradisional lainya seperti sere, cengkeh, kayu manis, kayu secang, temulawak, kunir, kencur atau cukup dengan wedang jahe saja. Untuk membuat wedang jahe, anda bisa melakukan beberapa cara dari yang instan yaitu dengan mencuci bersih jahe, menggepreknya lalu disiram air panas, atau bisa juga direbus beberapa saat supaya khasiatnya benar-benar merasuk.

Namun ada cara yang paling populer dan banyak disukai oleh banyak orang adalah menjadikan jahe sebagai serbuk alias serbuk jahe. Jika anda ingin bisa membuat serbuk jahe sendiri baik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual, maka kami pernah mengulas cara membuat serbuk jahe sendiri dan anda dapat membaca dan mempraktekanya sendiri.

Baca : Tutorial Cara membuat Serbuk Jahe Sendiri dengan Mudah, Murah dan Sehat.

Minum Jamu Saat Puasa

Kembali ke topik kita tentang bagaimana tentang mengonsumsi jamu saat bulan puasa, baik atau berbahayah? Seharusnya tidak ada masalah untuk tetap mengonsumsi jamu disaat bulan puasa, justru itu akan banyak sekali manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Hanya saja ada beberapa hal yag harus anda perhatikan.

  • Jangan coba jika masih pertama kali

Jika anda adalah orang yang belum pernah meminum jamu, maka sebaiknya jangan mencobanya disaat bulan puasa karena dikhawatirkan tubuh anda belum terbiasa dan justru bisa membuat anda mual, muntah, diare sehingga akhirnya bisa menghambat puasa anda.

  • Ketahui kondisi lambung anda

Pada dasarnya jamu aman untuk lambung, bahkan beberapa jamu justru baik untuk kesehatan lambung. Hanya saja perut yang seharian kosong dan langsung diminumi jamu tentu bisa berefek kurang baik bagi anda yang bermasalah dengan lambung.

Jika anda memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya minum air putih dulu, lalu makan makanan takjil sedikit seperti kurma, baru setelah bebrapa saat baru minum jamu.

  • Biasakan minum air putih terlebih dahulu

Membiasakan minum air putih dulu saat berbuka maupun saat sebelum makan itu baik. Kecuali memang anda sudah terbiasa dengan minum jamu tanpa minum dulu. Karena kondisi lambung setiap orang berbeda-beda. Bagi yang sudah terbiasa tentu tidak ada masalah, tapi bagi yang belum terbiasa sebaiknya lebih hati-hati.

  • Pastikan jamu yang anda minum fresh dan tidak basi

Ini yang terpenting, pastikan jamu yang anda minum itu fresh. Jamu adalah minuman tradisional yang alami dan tanpa bahan pengawet, jadi pastikan jamu yang akan anda minum tidak basi. Minum jamu beras kencur dan kunir asem dingin yang sudah disimpan dikulkas atau dicampur es tentu sangat segar, enak dan bermanfaat bagi tubuh.

Kesimpulan

Kondisi tubuh terutama lambung setiap orang tidaklah sama. Pada dasarnya jamu aman diminum saat berbuka dan sahur, hanya saja cara meminumnya yang harus diperhatikan. Bagi anda yang mempunyai masalah lambung sebaiknya jangan meminum jamu dalam kondisi perut kosong. Minum air putih dahulu lalu makan takjil sedikit baru menum jamunya. Semoga tetap sehat dan semangat semuanya.

Baca Juga : Manfaat Jahe : Jenis, Kandungan dan Kegunaan.

, , , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com