Minuman Tradisional Indonesia 3

Minuman Tradisional Indonesia memang sangat terkenal dan sangat banyak sekali, wajar saja karena Indonesia adalah surganya rempah-rempah yang sangat beraneka ragam dan kaya akan manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki minuman tradisional masing-masing. Walaupun bahan dasarnya mungkin sama, tapi campuran, cara pengolahan dan namanya pasti sudah berbeda.

Sayangnya saat ini, di Negeri yang kaya akan rempah ini, minuman tradisional justru kalah dengan minuman modern yang dikemas menarik, iklan yang menggiurkan dan rasa yang memang enak namun sebenanrnya kebanyakan minuman tersebut kurang baik bahkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal ini lah yang harus kita sadari bersama, bahwa kita memiliki banyak sekali aneka minuman tradisional yang enak, bermanfaat dan jika kita mampu mengolahnya maka akan menjadi minuman tradisional yang berkesan modern.

Berikut beberapa minuman tradisonal Indonesia:

Minuman Tradisional Indonesia
Minuman Tradisional Indonesia
Jahe Bahan Minuman Tradisional Indonesia
Jahe Bahan Minuman Tradisional Indonesia

Dari Sebagian besar minuman tradisional terutama yang bertujuan untuk kesehatan, Jahe paling banyak menjadi bahan utama. Wedang Jahe, Wedang Secang, Ronde, Sekoteng, Bajigur, Wedang Uwuh, STMJ, Wedang Angsle dan banyak lagi aneka minuman yang menggunakan bahan dasar jahe. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui jenis-jenis jahe. Dalam artikel sebelumnya kami juga sudah pernah menulis tentang Cara Membuat Serbuk Jahe sendiri yang dapat anda praktekan sendiri.

Selain mudah, anda juga dapat menyesuaikan sendiri sebarapa banyak gula yang ingin anda campurkan kedalam serbuk jahe itu. Bahkan anda juga dapat membuatnya tanpa gula bagi yang memiliki penyakit diabetes. Selain itu jika anda sudah pandai membuat serbuk jahe sendiri, maka anda berpeluang juga untuk menjualnya dan menjadikan ini sebagai tambahan penghasilan anda.

Dimasa pandemi Virus Corona (Covid-19) ini, minuman tradisional yang dapat menjaga dan menambah daya tahan tubuh pasti sangat banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi minuman tradisional sudah jelas manfaatnya dan hampir tidak ada efek sampingnya karena bahan nya alami dan tanpa campuran bahan kimia ataupun pengawet.

Oleh sebab itu, kita wajib bersyukur sebagai warga Indonesia akan kekayaan alamnya dan wajib melestarikan aneka ramuan minuman tradisional warisan leluhur yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Mari budayakan minum minuman tradisonal Indonesia supaya anak cucu kita menjadi generasi yang sehat kuat tanpa obat. Dan bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang sehat karena alamnya.

, , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com