Limbukan

Limbukan adalah sesi dalam bagian pemantasan wayang yang kerap menampilan pelawak. Ada dua sesi yang kerap diisi dengan bintang tamu dalam setiap pementasan wayang yaitu Limbukan dan Goro-goro.

Limbukan tampil lebih dulu, dan goro-goro tampul disesi sebelum pementasan wayang berakhir. Limbukan ini sangat dinantikan oleh banyak penonton wayang karena banyak mendatangkan bintang tamu yang kebanyakan pelawak yang lucu-lucu sehingga masyarakat dapat terhibur. Berikut nama-nama pelawak yang kerap mengisi acara di limbukan di pagelaran wayang kulit :

  • Cak Percil
Cak Percil dan Kuntet
Loading...
Cak Percil dan Kuntet

Percil adalah salah satu pelawak paling populer saat ini, hampir setiap malam dia mengisi acara baik di pementasan wayang maupun di campur sari. Nama percil sungguh menjadi daya tarik tersendiri saat ini bagi masyarakat, bahkan banyak orang yang datang menonton wayang bukan karena dalang atau lakonnya, melainkan karena ada Percil sebagai bintang tamunya.

Loading...

Dalam penampilannya Cak Percil selalu memiliki partner kerja seperti Cak Kuntet dan Cak Yudho, bila mereka sudah tampil maka bisa dipastikan acara akan menjadi ramai dengan gelak tawa. Dengan khas Jawa TImuran nya mereka selalu tampil dengan ceplas-ceplos dan penuh dengan guyonan yang selalu baru dan lucu.

  • Waluyo
Waluyo dan Suhin
Waluyo dan Suhin

Waluyo adalah pelawak asal Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama waluyo sangat populer saat ini karena kerap menjadi bintang tamu di berbagai acara terutama yang sering yaitu di pementasan wayang bersama dalang Ki Seno Nugroho.

Dalam penampilannya Waluyo jarang tampil seorang diri, dia lebih sering bersama partner kerjanya yaitu Mbak Suhin atau Mbak Niken. Yang terkenal dan khas dari seorang waluyo adalah Jula-Julinya, dia sangat pandai dan spontan saat membawakan Jula-juli. Jula-juli adalah pantun namun dinyayikan dengan diiringi gamelan, hampir sama dengan pirikan.

Loading...
  • Rabies
Rabies dan Whisky
Rabies dan Whisky

Lucu, ceplas-ceplos dan terkesan kasar, itulah rabies. Pelawak yang selalu hadir berduet dengan anaknya yaitu Whisky. Bisa dikatakan dia pelawak yang kontroversi, karena disatu sisi banyak sekali yang suka, tapi disisi lain banyak yang tidak suka karena dia sering berkata dan bertingkah kotor dalam setiap aksinya.

Whisky adalah putra kandungnya, tapi diatas panggung Whisky adalah teman kerjanya. Tidak ada lagi istilah bapak dan anak diatas panggung, itu yang kadang membuat orang heran dengan mereka. Sering sekali Whisky memegang bahkan memukul kepala Rabies ketika dipanggung, padahal memegang kepala kalau dalam tradisi jawa itu sangat tidak sopan, apalagi orang tua kandung. Tapi begitulah yang mungkin mereka sebut profesionalisme dalam bekerja.

  • Kirun
Pelawak Kirun
Pelawak Kirun

Walaupun tua dan sangat senior, penampilan Kirun tetap selalu lucu dan memiliki tempat dihati penonton. Kirun merupakan pelawak yang sangat senior, banyak sekali teman seangkatannya yang sudah meninggal dunia. Kirun juga sudah banyak sekali mendidik pelawak-pelawak baru, salah satu yang paling tekenal yaitu Percil.

Loading...

Selain menjadi pelawak, sekarang ini Mbah Kirun juga kerap mengisi dakwah di acara pengajian karena sekarang Mbah Kirun juga sudah menjadi seorang haji. Tapi meskipun begitu gaya lucunya tetap selalu ada dan terbawa ketika sedang di acara pengajian.

  • Marwoto
pelawak Marwoto
Marwoto

Seperti halnya Kirun, Mbah Marwoto juga masih eksis sebagia pelawak sampai saat ini. Dia masih sering muncul di berbagai acara dan sering juga terlihat menjadi bintang tamu di pementasan wayang kulit bersama  Ki Seno Nugroho.

Mawoto termasuk pelawak yang cerdas dan mudah beradaptasi bila diduetkan dengan siapa saja, namun dia begitu natural dan cocok bila tampil bersama Den Baguse Ngarso.

Loading...
  • Den Baguse Ngarso
Den Baguse Ngarso
Den Baguse Ngarso

Pelawak yang juga seorang Guru ini masih sering muncul mengisi acara limbukan. Den Baguse Ngarso adalah pelawak senior yang kerap berduet dengan Marwoto. Namun belakangan ini dia pun kerap berduet dengan Sihyono.

Walau sudah tidak tampil sesering dulu, namun kehadiran Den Baguse Ngarso selalu dinantikan apalagi jika duet bersama dengan Marwoto, mereka sudah nampak sangat cocok dan nyambung sekali.

Berikut beberapa pelawak yang kerak mengjadi bintang tamu di pementasan pagelaran wayang kulit yang mengisi acara limbukan. Peran pelawak di acara limbukan wayang memang memiliki peran dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat, karena banyak sekali masyarakat yang terhibur dengan penampilan para pelawak tersebut. Tentunya masih banyak lagi dan akan saya lengkapi di artikel berikutnya.

Loading...

Baca Juga :

Loading...

, , , , , , , ,
Latest Posts from DalangSeno.com