seni rupa

Pengertian Seni Rupa

seni rupa murni desain
Loading...
seni rupa murni desain

Pengertian Seni Rupa – Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni yang berupa karya dengan media yang hasil karyanya bisa ditangkap dan dinikmati dengan indra penglihatan dan rabaan. Dalam bahasa Inggris seni rupa sering disebut dengan istilah Fine Art, namun belakangan ini juga ada yang menyebutnya dengan istilah visual art.

Dengan demikian seni rupa adalah sebuah karya seni yang memiliki fokus pada keindahan visual dan sentuhan, sehingga seni rupa akan menjadi hiburan atau kepuasan bagi para pecinta seni hanya dengan melihat atau menyentuhnya saja.

Melalui seni rupa ini lah banyak orang atau yang lebih disebut dengan seniman yang dapat mengekspresikan dirinya kepada orang lain, baik dalam bentuk 2D ( dua dimensi ) atau 3D ( Tiga Dimensi ).

Loading...
  • Seni rupa 2D : Lukisan , seni grafis, relief, dll.
  • Seni rupa 3D : Parung, Arsitektur, seni kriya, dll.

Unsur-unsur Seni Rupa

unsur seni rupa
unsur seni rupa

Untuk unsur dari seni rupa sendiri sangat banyak , dari imajinasi yang dimulai dari titik sampai menjadi sebuah seni rupa yang memiki pewarnaan dan keseimbangan. Berikut unsur-unsur dari seni rupa :

  • Titik

Merupakan unsur terkecil dalam seni rupa mamun ini merupakan unsur yang wajib ada dalam seni rupa.

  • Garis

Garis merupakan unsur yang menggabungkan antara antar titik sehingga membentuk suatu goresan yang bisa menjadi limit suatu benda atau bidang, tekstur, ruang dan warna. Dimensinya memanjang dengan mengikuti arah tertentu.

Loading...
  • Bidang

Pengembangan dari unsur garis maka akan menjadi sebuah unsur baru yang disebut bidang. Dengan kata lain bidang merupakan penggabungan dari beberapa garis dengan mempertemukan setiap ujung dari setiap garis. Kemudia dari unsur bidang ini akan menghasilkan sesuatu yang dinamakan sisi.

  • Bentuk

Bentuk sudah merupakan salah satu unsur seni rupa yang khususnya seni rupa 3D karena bentuk memiliki panjang, lebar dan tinggi. Dari bentuk inilah terciptanya kesan dari sebuah karya seni.

  • Ruang

Ruang, yang disebut juga kedalaman adalah unsur dengan 2 sifat yaitu nyata dan ilusi. Ini tergantung dari karya 2D atau 3D, dalam seni rupa 2D ruang ini bersifat ilusi, sedangkan dalam 3D ruang ini bersifat nyata.

Loading...
  • Warna

Warna adalah salah satu unsur terpenting dalam seni rupa, karena warnalah yang memberikan keindahan dari sebuah karya seni rupa. Warnalah yang akan menunjukan tema dari suatu karya seni bisa sampai ke hati penikmat seni rupa, karena dari warna bisa terlihat tema sedih, senang, marah, dll.

Warna dalam seni rupa memiliki 3 bagian yaitu warna primer, sekunder dan tersier. Warna primer merupakan warna dasar atau warna pokok dimana warna ini tidak bisa diperoleh dari warna campuran. Warna sekunder adalah warna yyang diperoleh dari penggabungan 2 warna primer. Warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari penggabungan antara warna primer dan warna sekunder.

  • Tekstur

Tekstur merupakan sesuatu yang memberikan kesan sifat atau keadaan dari hasil seni rupa yang dapat dirasakan melalui penglihatan dan rabaan.

Loading...
  • Gelap terang

Unsur gelap terang dalam karya seni rupa 2D akan memberikan fungsi yang sangat besar, karena dengan unsur gelap terang ini maka seni rupa 2D akan bisa terlihat seperti 3D, sehingga dengan kata lain unsur gelap terang ini memberikan kesan yang semakin nyata.

Secara dasar unsur-unsur diatas sudah memenuhi persyaratan dari sebuah seni rupa, namun selain unser diatas masih banyak lagi unsur yang bisa digunakan untuk menambah keindahan dari hasil karya seni rupa itu sendiri seperti : Unsur Kesatuan, Keselarasan, Penekanan, Keserasian, Keseimbangan, Komposisi, Aksuentasi.

Fungsi Seni Rupa

seni rupa lukis
seni rupa lukis

Secara umum fungsi dari seni rupa ada dua yaitu fungsi individual dan fungsi sosial,

Loading...
  • Fungsi Individual

Secara individual seni rupa merupakan fungsi untuk kepuasan batin seseorang, dalam hal ini terutama seniman. Ukuranya seni rupa ini tidak dinilai dari pujian orang, seberapa banyak orang yang suka, penghargaan atau harga mahal, tapi benar-benar kepuasan batin yang dirasakan oleh si pembuat, atau dengan kata lain pembuat seni hanya fokus pada dirinya sendiri.

  • Fungsi sosial

Sebagai fungsi sosial, seorang seniman atau pembuat seni rupa akan membuat karya yang yang selain dapat memuaskan dirinya juga akan berusaha keras untuk memuaskan orang lain. Ada kebanggaan dan kepuasan apabila hasil karyanya diterima dengan baik oleh orang banyak.

Jenis-jenis Seni Rupa

seni rupa kriya rotan
seni rupa kriya rotan

Dari jenisnya setidaknya ada 3 jenis seni rupa yaitu :

Loading...
  1. Seni rupa kriya, contonya : kriya rotan, kulit, logam, tekstil, kayu, bambu.
  2. Seni rupa desain, contohnya : arsitektur, desain grafis, desain busana, desain interior
  3. Seni rupa murni, contohnya : seni lukis, patung, koreografi, film, fotografi.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian seni rupa beserta dengan fungsi seni rupa, unsur seni rupa dan jenis-jenis seni rupa. Semoga menambah pengetahuan pembaca dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Wayang Kulit Berasal dari Daerah Jawa, China atau India?

Loading...

Loading...
, , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com