penyebab bau mulut tak sedap

Penyebab Bau Mulut sangatlah banyak, dan ini bukan sekedar karena malas gosok gig saja. Banyak faktor yang menyebabkan mulut kita mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tentunya ini sangat penting dalam pergaulan, apalagi bagi anda yang kerap berkomunikasi dengan jarak dekat dengan orang lain apalagi lawan jenis.

Bisa anda bayangkan jika anda sedang meeting atau sedang pedekate dengan seseorang yang sangat penting atau spesial, tiba-tiba lawan anda merasa tidak nyaman dengan bau mulut anda dan langsung menutup hidungnya atau menahan nafasnya, ini pasti akan menjadi pertanda buruk bagi anda. Jadi jangan pernah sepelekan bau mulut.

Berbicara bau mulut tentu tidak lepas dengan masalah sistem pernapasan dan pencernaan, dimana mulut, hidung, tenggorokan sampai dengan lambung saling berhubungan. Bayangkan saja seperti toilet, jika toilet atau kamar mandi anda bau, itu bisa jadi karena saat anda buang air kecil ataupun besar memang belum disiram, tapi jika sudah anda siram dan tetap saja bau, berati adala masalah di pipa saluran pembuangan atau bisa jadi septic tank anda yang bermasalah.

penyebab bau mulut
penyebab bau mulut

Apa saja Penyebab Bau Mulut :

  • Masalah pada Gigi

Penyebab awal bau mulut yaitu pada gigi, bisa karena gigi berlubang, tidak rajin gosok gigi sehingga gigi kotor, cara gosok gigi yang salah, atau gigi anda sedikit renggang atau berjarak antar giginya sehingga mudah kemasukan makanan dan bisa menyebabkan bau mulut.

  • Mulut kering

Mulut kering disebabkan karena kurang air putih, sehingga mulut menjadi kering dan pecah-pecah, ini bisa menjadi penyebab bau mulut. Rutinlah mengonsumsi air putih karena air putih sangat banyak manfaatnya.

  • Masalah Mulut

Masalah mulut bisa karena infeksi, luka pada bibir dan mulut, atau bisa juga karena sariawan. Hal-hal tersebut tentu saja akan menjadi penyebab mulut anda menghasilkan bau yang tidak enak.

  • Infeksi

Infeksi pada hidung, tenggorokan dan sistem pencernaan tentu akan menyebabkan tumbuhnya bakteri, dengan adanya bakteri disistem pencernaan dan pernapasan maka tentu saja juga akan menyebabkan aroma yang tidak sedap pada dimulut anda.

  • Asam Lambung atau Maag

Jika anda memiliki masalah pada lambung seperti Maag atau asam lambung, maka serajin apapun anda menggosok gigi maka tetap akan muncul yang namanya bau mulut. Maka bereskan dulu masalah pada lambung anda supaya tidak mengeluarkan aroma yang tidak enak di mulut anda.

  • Makanan

Makanan yang berbau tajam seperti pete, jengkol, dan bawang juga menjadi penyebab bau mulut. Jadi hindari makanan tersebut jika anda akan bertemu dengan seseorang yang penting karena terkadang menggosok gigi saja tidak cukup menghilangkan aroma yang dihasilkan dari makanan tersebut.

  • Puasa atau Belum Makan

Puasa atau belum makan dalam waktu yang lumayan lama juga akan menimbulkan bau mulut, dan ini bukanlah masalah yang serius, apalagi kalau memang anda sedang menjalankan puasa. Anda cukup dengan menggosok gigi saja maka mulut anda akan segar kembali.

  • Gigi Palsu

Jika anda pengguna gigi palsu, apalagi jika jumlahnya banyak, maka anda harus lebih rajin membersihkan gigi palsu tersebut. Bagaimanapun gigi palsu lebih rentan terhadap kuman dan bakteri sehingga anda harus selalu menjaga kebersihannya. Selain itu ingat-ingat kapan anda menggunakan gigi palsu, karena gigi palsu yang sudah terlalu lama juga harus diganti yang baru.

Setalah anda mengetahui penyebab-penyebab bau mulut diatas, maka segera perhatikan apa yang menyebabkan mulut anda bau. Setelah anda mengetahuinya, segera selesaikan masalah yang menjadi penyebab bau mulut anda, dan jangan biarkan berlarut-larut.

Mulut yang kotor akan menimbulkan kuman, kuman yang ada dimulut akan masuk ke tenggorokan dan sampai dilambung, dan jika ini dibiarkan maka sistem pencernaan dan pernapasan anda akan dipenuhi kuman dan pastinya akan menyebabkan aroma bau mulut yang tidak segar

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

penyebab bau mulut tak enak
penyebab bau mulut tak enak

Tahukan anda bahwa ada cara alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut, dan cara ini pastinya sangat murah dan aman tanpa efek samping. Anda cukup dengan merebus daun sirih, atau bisa juga dengan mencampur air panas dengan daun sirih, lalu biarkan dulu sampai dingin.

Setelah dingin, campurkan sedikit garam, sedikit saja, lalu pakailah itu untuk berkumur. Daun sirih dan garam terbukti merupakan antibiotik alami yang sangat ampuh melawan kuman dan bakteri yang ada dimulut. Lebih baik lagi jika anda mau meminumnya 2x dalam seminggu, maka anda bisa merasakan sendiri bahwa mulut anda akan jauh lebih segar.

Jika pencernaan anda sehat, mulut anda bersih, maka nafas anda juga akan segar. Dan jika nafas anda segar, maka kepercayaan diri anda juga pasti akan meningkat, apalagi saat sedang melakukan pendekatan kepada orang yang anda cintai. Kesegaran nafas akan menjadi modal penting untuk kesuksesan karir dan percintaan anda.

Ingat, nafas segar merupakan cara mudah untuk mengetahui bahwa orang tersebut memiliki pencernaan, pernapasan dan mulut yang sehat. Dan itu menandakan bahwa orang tersebut adalah orang yang mampu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya. Semoga setelah membaca artikel ini, anda sudah mengetahui penyebab bau mulut dan anda tidak memiliki masalah lagi dengan yang namanya bau mulut.

, , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com