perbedaan sirih merah & sirih hijau

Perbedaan Daun Sirih Merah dan Hijau – Daun sirih atau Betel atau Piper Betle adalah tanaman yang saat ini jarang dijumpai di taman pekarangan rumah terutama diperkotaan, namun masih mudah dijumpai di pekarangan rumah orang pedesaan. Daun sirih banyak dikenal orang yaitu untuk menginang atau menyirih oleh kakek nenek kita jaman dahulu, dengan cara dicampur dengan beberapa ramuan lain, kemudian dikunyah.

Saat dikunyah ini maka akan mengakibatkan mulut merah, saat meludah pun menjadi berwarna merah, hal ini lah yang kemudian dipandang menjijikan oleh orang jaman sekarang, sehingga karena mindset negatif ini banyak orang jadi tidak mengetahui akan begitu banyaknya manfaat lain dari daun sirih selain untuk kinang. Tapi sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat dan cara memanfaatkanya, maka mari kita kenali dulu jenis dari daun sirih ini.

Jenis Daun Sirih

Daun sirih yang sering kita jumpai ada 2 macam, yaitu daun sirih hijau dan sirih merah. Lalu apa perbedaan dari kedua jenis daun sirih ini? Mari kita kenali lebih lanjut.

Loading...
  • Daun Sirih Hijau
daun sirih hijau
Loading...
daun sirih hijau
  • Daun Sirih Merah
daun sirih merah
daun sirih merah

Dari namanya saja kita bisa membedakan antara kedua jenis daun sirih ini, daun sirih hijau daunnya berwarna hijau, sedangkan daun sirih merah daunnya berwarna kemerahan. Untuk cara menanam, tumbuh dan berkembangnya sama, hanya ada beberapa khasiat yang membedakan antara kedua jenis daun ini.

Kabar yang beredar di masyarakat banyak yang mengatakan bahwa daun sirih merah lebih berkhasiat atau lebih ampuh dibanding daun sirih hijau, tapi tentu saja itu belum dipastikan kebenaranya walaupun mungkin banyak orang yang sudah merasakan dan mengalaminya.

Khasiat dan Cara Memanfaatkan Daun Sirih

Manfaat daun sirih untuk luka luar

  1. Menghentikan MIMISAN

Manfaat daun sirih untuk menghentikan mimisan sudah sejak jaman dahulu dan sangat terbukti keampuhanya. Cara memanfaatkanya juga sangat mudah, anda cukup menggulung daun sirih tersebut lalu memasukannya ke lubang hidung. Kandungan Fenil Popies dan terpene yang ada di daun sirih sangat efektif menghentikan mimisan.

Loading...
  • Obat Luka Bakar Ringan

Daun sirih juga mengandung alkaloid, antioksidan dan juga vitamin C sehingga mampu meredakan peradangan untuk luka. Cara menggunakanya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu tumbuk dan kemudian oleskan kebagian kulit yang terkena luka bakar.

  • Menyembuhkan Gusi Berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan fosfor terbukti efektif mengobati gusi berdarah. Caranya cukup dengan berkumur dengan rebusan air daun sirih 3x sehari, anda juga dapat menambahkan sedikit saja garam untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Mengobati Gatal Kulit

Jika anda mengalami gatal kulit, maka cobalah untuk rutin mandi menggunakan air rebusan daun sirih. Ambil sekitar 30lembar daun sirih, kemudian rebus dan pakailah untuk mandi. Campur dengan garam kasar juga sangat baik untuk membunuh kuman-kuman.

Loading...

Manfaat daun sirih untuk penyakit ringan

  1. Mengobati sakit perut

Kandungan Terpenoid dan lavikula juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut, caranya cukup dengan meminum rebusan 7 lembar daun sirih dan biarkan mendidih selama kurang lebih 15-30menit, kemudian biarkan dingin terlebih dahulu.

  • Mengobati batuk

Rebusan daun sirih juga merubakan obat batuk alami, caranya sama saja yaitu dengan mengambil 5-7 lembat daun sirih, kalau bisa usahakan daun sirih merah, lalu rebus dalam 300 ml air dan biarkan mendidih sampai air kira-kira tersisa 100ml, lalu dinginkan dan minum. Minum selagi hangat juga lebih baik.

Daun sirih secara umum memang sangat baik untuk sistem pencernaan dari mulai mulut, tenggorokan sampai dengan lambung. Selain vitamin C, daun sirih juga mengandung antiseptik yang sangat ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung.

Loading...

Manfaat daun sirih untuk Tubuh

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Untuk penjelasan lebih lengkap sudah kami bahas dan dapat anda baca disini.

Untuk penjelasan lebih lengkap sudah kami bahas dan dapat anda baca disini.

  • Memperlancar Buang Air Kecil

Untuk anda yang mengalami masalah kurang lancar buang air kecil, cobalah untuk rutin mengonsumsi rebusan daun sirih merah, kemudian setelah dingan campurkan dengan madu lalu diminum. Jika anda rutin meminumnya, maka kemungkinan besar buang air kecil anda akan menjadi lancar. Jangan lupa untuk banyak minum air putih.

Loading...
  • Menurunkan Berat Badan

Karena sangat baik untuk metabolisme dan pencernaan tubuh, maka daun sirih otomatis juga mempu menurunkan berat badan asalkan kita juga mampu menjaga pola makan dan gaya hidup.

Manfaat daun sirih untuk penyakit dalam

Selain menyembuhkan beberapa penyakit diatas, daun sirih juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit dalam seperti Bronkitis, Jantung Koroner, Pneumonia, dan Maag. Untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam ini, anda cukup dengan rutin meminum rebusan daun sirih seperi cara-cara diatas.

Manfaat daun sirih untuk penyakit kronis

Tahukan anda bahwa daun sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis seperti asam urat, tumor ringan, diabetes, prostat, tekanan darah tinggi, pembengkakan payudara, dan beberapa penyakit kronis lainya. Cara yang harus anda lakukan sama yaitu dengan rutin mengonsumsi rebusan daun sirih ini.

Loading...

Karena ini adalah pengobatan herbal yang alami, tentu tidak ada patokan baku tentang dosis atau kadar berapa banyak daun dan air yang harus direbus. Anda dapat memperkirakan sendiri, yang terpenting adalah tekad dan semangat anda untuk sembuh dengan tidak melupakan memohon kesembuhan dari Empunya Empu, Suhunya Suhu, Intinya Inti yaitu Allah Tuhan yang Maha Kuasa.

Kita tunjukan Usaha kita untuk benar-benar sembuh dan sehat kepada Allah lewat doa dan usaha. Daun sirih, jahe, madu bawang lanang, dan obat herbal lainya hanyalah sarana, bukan daunya yang menyembuhkan, tapi Tuhanlah. Jadi, dengan Doa, usaha, dan tekad yang besar ditambah memohon kesembuhan dari Allah, maka segala penyakit pasti bisa disembuhkan.

Bagi anda yang sehat dan ingin menjaga kesehatan terutama kesehatan mulut dan lambung, maka jangan terlalu sering mengonsumsi rebusan daun sirih ini. Karena tentu ada perbedaan antara penggunaan untuk pencegahan dan pengobatan. Untuk pencegahan anda cukup mengonsumsi 2-3 kali saja seminggu. Semoga penjelasan tentang daun sirih ini bermanfaat.  

Loading...
Loading...

, , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com