Kunci Kesuksesan Ki Seno Nugroho

Rahasia Kesuksesan Ki Seno Nugroho – Ki Seno Nugroho, namanya saat ini benar-benar menjadi populer dan dikenal baik dari dalam maupun Luar Negeri. Hampir setiap malam Ki Seno selalu kebanjiran job untuk pementasan wayang dari satu tempat ke tempat lain, sampai-sampai Beliau dijuluki “Dalang Seribu Satu malam” oleh para penggemarnya.

Lihat saja jadwal pementasan wayang kulit Ki Seno, dalam setiap Bulannya rata-rata hanya tersisa 2-5 hari saja yang kosong, selebihnya Beliau dan Crew Wargo Laras selalu pentas, bahkan ada yang satu bulan full tanpa ada kosongnya. Lalu apa sebenarnya kunci kesuksesan Ki Seno Nugroho? Apa yang membuat beliau begitu disukai oleh banyak penggemar? Lalu bagaimana Ki Seno dapat menjalani tugas dan tanggung jawabnya yang begitu berat itu?

Tentu banyak dari kita yang memiliki pertanyaan itu dan ingin tau juga, oleh sebab itu dalam kesempatan ini admin akan membahas itu semua. Mari kita bahas satu persatu Kunci kesuksesan Ki Seno Nugroho :

Rahasia Kesuksesan Ki Seno Nugroho
Rahasia Kesuksesan Ki Seno Nugroho

Tegas dan Disiplin – Jarang ada yang tau bahwa sesungguhnya Ki Seno itu adalah orang yang bisa dikatakan galak, tegas dan disiplin. Banyak crew yang sangat segan terhadap Ki Seno. Namun sikap begitulah yang memang diperlukan oleh seorang pemimpin untuk menjaga kewibawaanya dihadapan anak buahnya.

Namun walaupun galak, tapi Ki Seno Terbukti mampu memanajemen Tim nya dengan sangat baik. Hal itu terbukti dari kesetiaan para sinden, pengrawit dan crew lain yang sudah lama bekerja sama dengan beliau. Tanpa ilmu kepemimpinan dan manajemen yang baik, tentu akan sulit mempertahankan anak buah supaya betah bekerja dalam waktu lama.

Crew yang Solid  – Dibalik kesuksesan dan kelancaran setiap pertunjukan wayang yang dipentaskan oleh Ki Seno Nugroho tak lepas dari kerja sama Crew yang solid, tanpa kekompakan dan kerja keras seluruh tim maka pasti akan banyak kekurangan dan kekacauan yang terjadi karena begitu padatnya jadwal Ki Seno.

Tim Ki Seno sangatlah banyak, dari mulai administrasi, tim sound, tim tenda dan perlengkapan, tim streaming, tim pengrawit, sinden, dan tim lain. Mereka semua selalu bekerja keras setiap harinya demi kelancaran setiap pementasan wayang.

Sinden Rahasia Kesuksesan Ki Seno Nugroho
Sinden Rahasia Kesuksesan Ki Seno Nugroho

Sinden – Sinden yang dimiliki Ki Seno merupakan salah satu senjata atau point penting yang menjadi kunci kesuksesan Ki Seno. Beliau tergolong piawai dalam memilih sinden. Sinden yang dimiliki oleh Ki Seno bukan hanya sebatas berkualitas dalam hal olah vokal, melainkan memiliki keunikan masing-masing dan saling melengkapi.

Ada sinden senior seperti Mbak Prastiwi, ada sinden yang spesialis lagu Jawa Timuran atau Banyuwanginan seperti Mbak Anting, ada juga yang berkarakter galak judes seperti Mbak Tatin, ada pula yang pandai menyanyikan lagu sunda seperti Mbak Ayu, ada juga sinden lain yang bisa berbahasa khas Ngapak, Jogjanan dan yang tak ketinggalan adalah Mbak Elisha Orcarus Alasso yang begitu fenomenal.

Pemilihan sinden-sinden oleh Ki Seno ini tak lepas karena sang Istri yang kebetulan adalah seorang Dosen di Institut Seni Indonesia, sehingga hal itu membantu Ki Seno dalam menemukan bakat-bakat hebat. Selain itu Ki Seno juga tinggal di Jogja yang merupakan Kota Seni dimana banyak sekolah seni yang melahirkan sinden-sinden hebat.

Karena kehebatan sinden-sinden itu, maka walaupun dalam setiap pementasanya Ki Seno tidak selalu bahkan jarang diisi oleh bintang tamu, tapi acara limbukan dan goro-goro yang dimainkan oleh Ki Seno tetap selalu gayeng, lucu dan menghibur.

Cara Mendalang – Keahlian mendalang Ki Seno memang tak perlu diragukan lagi, dari mulai suluk, olah cerita, permainan sabetan wayangnya, dan juga kekreatifanya sangat sulit disandingi oleh dalang lain. Ki Seno seperti memiliki sejuta kata dan cerita yang tak ada habisnya, sehingga walaupun setiap malam pentas, tapi Ki Seno tidak pernah kehabisan guyonan-guyonan lucu.

Pandai Memanfaatkan Moment  – Ki Seno adalah dalang yang sangat pandai melihat kesempatan dan memanfaatkan moment yang sedang trend. Misalkan pirikan atau pantun bahasa jawa, permainan ketoprak di sela-sela limbukan, atau jika ada salah satu crew nya ada yang menjadi trend di penonton pasti akan langsung dijadikan bahan seperti yang belum lama ini yaitu kelucuan Mas Solikin.

Cinta – Point terakhir ini merupakan kunci utama keberhasilan Ki Seno Nugroho, yaitu Cinta. Cinta terhadap seni dan pekerjaan yang beliau tekuni merupakan kunci utama yang membuat Ki Seno dan Crew selalu semangat, bersyukur, pantang mengeluh dan selalu menjadi motivasi diri untuk selalu fit dan fresh dalam menjalankan jadwal yang sudah tersusun sehingga hampir setiap pementasan wayang kulit yang dipertunjukan oleh Ki Seno selalu berhasil dengan memuaskan.

Itulah beberapa kunci kesuksesan dan keberhasilan Ki Seno Nugroho baik sebagai dalang maupun sebagai seorang pemimpin Crew Wargo Laras. Dan terbukti kerja keras Ki Seno selama ini menghasilkan sesuatu yang luar biasa dimana saat ini wayang mampu menjadi hiburan yang digemari bukan hanya oleh orang tua, tapi juga oleh kaum muda yang terlihat dari semakin banyaknya komunitas PWKS di berbagai daerah.

Sungguh membanggakan dimana Pecinta Wayang Ki Seno Nugroho (PWKS) saat ini ada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan yang belum lama ini diresmikan yaitu PWKS Temanggung. Luar biasa bukan? Semoga Ki Seno dan dalang – dalang lain yang berjuang untuk melestarikan seni senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang.

, , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com