Ki Seno Nugroho meninggal

Seperti belum percaya bahwa Ki Seno Nugroho telah tiada. Seperti belum rela jika beliau harus pergi meninggalkan kita. Seperti terlalu cepat beliau harus kembali kepada Sang Ilahi. Tapi inilah kehendak Sang Pencipta. Ada kehidupan, ada kematian. Ada kejayaan dan ada keabadian. Engkau akan tetap hidup lewat karyamu yang kan abadi.

Belum lama rasanya kita harus kehilangan sosok Dalang yang fenomenal yaitu Ki Enthus, belum lama juga pejuang kesenian jawa Didi Kempot harus menghadap Sang Ilahi, dan kini giliran Dalang Seribu Satu Malam yang sangat fenomenal, inspiratif dan kreatif ini harus kembali dipanggil Tuhan. Sakit Serangan jantung yang membuat Ki Seno Nugroho harus menghembuskan nafas terakhirnya pada Hari Selasa Tanggal 3 November 2020 sekitar pulul 22.00 di RS PKU Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Ki Seno Nugroho meninggal
Loading...
Ki Seno Nugroho meninggal

Tidak ada tanda-tanda dihari itu kalau Beliau akan berpulang, dari pagi beliau beraktifitas seperti biasa. Sampai pada sore hari beliau bersepeda bersama satu orang tetangganya karena bersepeda merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh Ki Seno Nugroho. Ketika ditengah perjalanan itu, Ki Seno Nugroho merasakan pusing dan badanya tidak enak, bahkan terasa lemas. Lalu temanya itu menelpon salah satu orang untuk menjemput Ki Seno.

Loading...

Sesampai dirumah Ki Seno hanya berbaring di kamar dan sempat beberapa kali muntah-muntah. Lalu sekitar selepas Magrib Ki Seno dibawa ke RS PKU Gamping karena kondisinya semakin mengkhawatirkan. Sesampai di RS, Ki Seno langsung dimasukan ke ICCU dan terdeteksi bahwa telah terjadi penyumbatan yang fital. Lalu tidak lama sekitar pukul 22.00 Ki Seno meninggal dunia.

Dunia wayang, dunia seni jawa dan Indonesia berduka. Karena saat ini Ki Seno adalah sosok Dalang yang sedang digandrungi oleh pecinta wayang baik di Indonesia maupun luar negeri. Sulit mencari pengganti Dalang yang bisa seperti Ki Seno ini. Beliau adalah sosok dalang yang cerdas. Tidak perlu pelawak terkenal atau musik tradisional bagi Ki Seno untuk bisa membuat penonton terhibur. Dengan kecerdikanya beliau dapat membuat penontong terpingkal-pingkal.

Dalang Seno Meninggal Dunia
Dalang Seno Meninggal Dunia

Selain itu, Ki Seno juga mampu memunculkan Sosok Bagong menjadi salah satu Icon yang luar biasa hingga terlahirlah Lakon “Bagong mBangung Deso” yang terinspirasi dari Lakon Semar mBangun Khayangan. Hebatnya, jika sosok Semar atau Krisna memang merupakan Sosok yang sudah populer karena terkenal sebagai pengasuh Pandawa. Tetapi Bagong adalah sosok orang biasa yang banyak melakukan kritik dan saran untuk kebaikan dan kemajuan.

Loading...

Selain Bagong, Ki Seno juga mengidolakan Sosok Werkudara atau Bima. Kedua wayang inipun ikut disemayamkan bersama jenazah Ki Seno. Saya pribadi juga penggemar sosok Bima. Bima adalah sosok yang lurus, tidak kenal kompromi, tidak suka basa-basi, dan sangat patuh akan perintah orang tua atau gurunya. Selamat jalan Ki Seno Nugroho…. Bagong dan Bima akan selalu menjagamu di Surga keabadian.

Loading...

, , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com