Serbuk Jahe sudah jadi
Jahe Emprit untuk Serbuk Jahe
Jahe Emprit untuk Serbuk Jahe

Cara membuat Serbuk Jahe sendiri sangatlah mudah. Pasti banyak dari pembaca yang sering melihat serbuk jahe yang sudah dikemas dan dijual dipasaran, lalu apakah cara membuat serbuk jahe itu sulit? Bahan apa saja yang dibutuhkan? Alat apa saja yang digunakan? Semua akan kita bahas dalam topik cara membuat serbuk jahe ini.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali minuman instan dengan iming-iming rasa nikmat, penuh manfaat dan harga yang sangat murah, apakah anda salah satu penikmat minuman kemasan ini? Memang murah, praktis dan nikmat, tapi apakah anda pernah berpikir jauh kedepan tentang manfaat dan efek samping bagi kesehatan anda kelak?

Maka untuk kebaikan dan kesehatan anda, mulailah memilih minuman yang walaupun murah, praktis tapi juga sehat dan penuh manfaat, salah satunya yaitu serbuk jahe. Jika ingin mendapatkan serbuk jahe yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kita maka sebaiknya anda membuat serbuk jahe sendiri. Untuk manfaat dan jenis-jenis jahe sendiri anda dapat baca disini.

Artikel Terkait : Manfaat Jahe : Jenis, Kandungan dan Kegunaan.

Alat yang digunakan untuk Membuat Serbuk Jahe

Untuk membuat serbuk jahe anda membutuhkan peralatan yang sederhana dan pasti anda miliki didaput anda yaitu :

  1. Kompor atau tungku
  2. Wajan yang berukuran sedang atau besar
  3. Parutan kelapa atau bisa juga menggunakan blender
  4. Saringan bersih dari kain

Peralatan wajib yang harus ada hanya 4 diatas, selebihnya seperti baskom atau tempat lain anda pasti memilikinya didapur. Sedangkan untuk bahan yang digunakan yaitu :

  1. Jahe, menggunakan jahe merah atau jahe emprit lebih bagus
  2. Gula pasir
  3. air

Cara membuat Serbuk Jahe

Untuk membuat serbuk jahe sebenarnya tidak sulit dan tidak seberapa rumit, hanya mebutuhkan waktu 1-2 jam saja, yang terpenting adalah kemauan untuk mencoba dan jangan takut gagal. Jika gagal silahkan coba lagi. Berikut langkah-langkahnya :

Pengambilan Sari atau Air Perasan Jahe

Memarut Jahe untuk Serbuk Jahe
Memarut Jahe untuk Serbuk Jahe

Jika anda ingin menggunakan parut, maka kupas kulit jahe kemudian bersihkan dengan air bersih kemudian parut jahe menggunakan parutan kelapa. Sedangkan jika anda ingin menggunakan blender, maka setelah dibersihkan silahkan jahe diiris kecil-kecil kemudian di blender dengan ditambahkan air secukupnya. Blender sampai halus ya..

Setelah di parut atau diblender, kemudian peras jahe menggunakan kain yang tipis dan bersih. Yang kita butuhkan adalah sari dari jahe tersebut, jadi peras hingga maksimal dengan ditambahkan sedikit air.

Masak Perasan Jahe menggunakan Wajan

Membuat Serbuk Jahe Sendiri
Membuat Serbuk Jahe Sendiri

Setelah diperas, masukan air hasil perasan jahe tersebut ke wajan. Gunakan wajan yang besar supaya tidak tumpah, karena proses pemasakan jahe ini menggunakan campuran gula jadi bisa membusa dan bisa tumpah-tumpah kalau kita tidak menggunakan wajan yang agak besar.

Campurkan Gula Pasir dan Air

Campuran Gula Pasir untuk Serbuk Jahe
Campuran Gula Pasir untuk Serbuk Jahe

Setelah sari jahe dimasukkan ke wajan, campurkan gula pasir dan air. Untuk komposisinya sendiri sebenarnya tergantung selera, hanya saja kalau benar-benar murni tanpa gula maka jahe akan menggumpal besar-besar dan susah menjadi serbuk. Jadi disarankan untuk tetap menggunakan gula pasir walau sedikit.

Baca Juga :

Komposisi idealnya jika untuk konsumsi pribadi yaitu 1 Kg Jahe dicampur dengan 2 Kg gula pasir dan 1 Liter air. Jadi jika anda ingin mencoba 0.5 kg jahe, anda membutuhkan 1 Kg gula dan 0.5 Liter air. Campurkan seluruh bahan dalam satu wajan dan aduk perlahan namun harus terus menerus.

Aduk sampai menjadi Serbuk

Serbuk Jahe Hampir Jadi
Serbuk Jahe Hampir Jadi

Perhatikan api pada kompor, jangan terlalu kecil karena akan memakan waktu lebih lama. Gunakan api yang besar namun harus terus-menerus diaduk perlahan, jika tidak maka akan berbusa dan tumpah, selain itu jahe juga akan menggumpal. Jadi kunci utama adalah pada proses pemasakan ini dimana kita harus telaten dan sabar untuk mengaduknya sampai menjadi serbuk.

Baca Juga :

Setelah 30-45 menit maka dikit demi sedikit anda akan melihat bahwa jahe sudah mulai berubah menjadi serbuk. Dan jika jahe sudah menjadi serbuk, matikan kompor lalu pindahkan serbuk jahe ke penampan untuk didinginkan terlebih dahulu sebelum disimpan atau dikemas.

Serbuk Jahe didinginkan
Serbuk Jahe didinginkan

Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan demikian anda sudah bisa membuat serbuk jahe sendiri. Serbuk ini juga bisa menjadi peluang usaha bagi anda jika anda sudah benar-benar bisa membuatnya. Untuk keperluan bisnis anda tinggal sesuaikan saja takaran antara jahe dan gula pasirnya, bila untuk dijual biasanya akan menggunakan gula pasir yang lebih banyak supaya harga bisa terjangkau.

Tapi bagi anda yang ingin untuk kebutuhan pribadi dan keluarga, maka disarankan untuk menggunakan sedikit gula, karena jika kurang manis anda bisa menambahkan gula sendiri. Serbuk jahe ini mudah anda bawa kemana-mana dan tentunya anda akan menemukan banyak manfaat jika rutin mengkonsumsi wedang jahe ini.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda dan keluarga, jangan takut mencoba dan jangan takut gagal karena gagal itu biasa dalam percobaan. Dengan ketelitian dan kemauan maka sekarang anda pasti bisa untuk membuat serbuk jahe sendiri.

Baca Juga : Jahe : Manfaat, Jenis, Kandungan dan Kegunaan.

, , , , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com