wayang cakruk Ki Waluyo
sinden wayang cakruk
Loading...
sinden wayang cakruk

DalangSeno.Com – Wayang Cakruk belakangan ini mencuri rasa penasaran warga masyarakat, banyak yang bertanya apa itu wayang cakruk? Siapa dalangnya? Seperti apa lakon dan ceritanya? Maka kali ini kita akan membahas produk seni terbaru yaitu Wayang Cakruk.

Pernah melihat Film “Sopo Jarwo”? sebuah film animasi anak-anak yang menceritakan kegiatan sehari-hari di sebuah lingkungan kampung atau desa, dengan berbagai karakter dan permasalahan yang dibikin seperti layaknya dikehidupan sehari-hari, dan selalu ada tokoh provokator serta tokoh masyarakat dan tokoh agama sebagai sosok yang mampu menyelesaikan masalah. Seperti itulah kira-kira wayang cakruk diciptakan.

Wayang Cakruk adalah sebuah pagelaran layaknya sebuah wayang kulit, namun materi cerita atau Lakon adalah berkutat pada Permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di tengah masayarakat dan didalam membawakan lakon itu sang Dhalang memerankan berbagai tokoh masyarakat maupun tokoh agama yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

Loading...

Mengapa Dinamai Wayang Cakruk

Cakruk dalam bahasa jawa artinya adalah Poskamling, atau tempat ronda ( jaga malam warga kampung ). Hampir disetiap lingkungan kampung memiliki yang namanya Cakruk, dan di cakruk itu biasanya warga masyarakat terutama yang laki-laki baik muda maupun tua sering berkumpul untuk berjaga malam atau sekedar bercerita ngobrol santai.

Jadi, cakruk merupakan media tampat berkumpulnya warga setiap malamnya untuk saling berkumpul bercerita masalah sosial, politik, pertanian, ekonomi, dan lain sebagainya. Sehingga dinamai wayang Cakruk itu diharapkan supaya dapat menjadi media srawung bagi warga masyarakat dengan pesan kebaikan mengenai permasalahan yang lagi hangat di kalangan masyarakat.

Lakon dan Tokoh Wayang Cakruk

Untuk lakon dan tokoh dalam pagelaran wayang cakruk sendiri belum ada aturan baku seperti wayang kulit pada umunya yang mengisahkan kisah Mahabharata dan Ramayana dengan lakon seperti kurawa dan pandawa. Di wayang cakruk lakon disesuaikan dengan thema yang akan dibawakan, dan itu tergantung dengan kreativitas Dhalang dalam membawakan.

Loading...

Perbadaan Wayang Cakruk

Perbedaan wayang cakruk dengan wayang kulit pada umunya yaitu hanya pada tokoh wayang dan ceritanya saja, selebihnya sama seperti wayang kulit pada umunya dimana pagelarang juga dibawakan oleh seorang dhalang dengan sebuah crew wiyogo pengrawit gamelan dan beberapa sinden, terkadang juga mendatangkan bintang tamu untuk mengisi acara limbukan supaya lebih lucu.

Belakangan ini seorang pendagel terkenal dari Gunung Kidul yaitu Ki Waluyo juga beberapa kali berubah profesi menjadi seorang dalang wayang cakruk. Ternyata kemampuanya membawakan pagelaran juga sangat baik, apalagi Ki Waluyo memang seorang pendagel yang lucu, jadi hampir selama pementasan terkesan lucu dan menghibur. Semoga kedepan pagelaran wayang cakruk dapat berkembang baik dan benar-benar bisa menjadi media sosial yang mempersatukan warga masyarakat supaya lebih kompak , rukun dan damai.

Loading...

Loading...
, , , , ,
Latest Posts from DalangSeno.com