wewaler jawa tentang Ketuhanan yang Maha Esa

Wewaler adalah bahasa jawa yang artinya “Pantangan”. Seperti dalam sebuah agama yang memiliki perintah dan larangan atau pantangan, dalam budaya jawa pun demikian. Selain ada pithuduh yang merupakan petunjuk atau perintah yang baik untuk dilaksanakan, ada juga Wewaler yang berati pantangan atau larangan yang harus ditaati supaya hidup kita sehat dan selamat.

Sebagai generasi muda terutama yang berasal dari suku Jawa, ada baiknya kita mengetahui betapa luhur dan mulianya simbah-simbah kita dulu, dimana walaupun mereka belum mengenal Agama tapi mereka mampu meluhurkan dan memuliakan Sang Pencipta dengan begitu dahsyatnya. Bahkan melebihi kita yang saat ini katanya pandai Agama.

Entah bagaimana dulu nenek moyang kita bisa mengenal dan menghargai Sang Pencipta dan alam semesta dengan begitu tulus dan murni, tanpa rasa paling pandai sendiri dan tanpa rasa merendahkan orang lain. Mungkin karena mereka sangat memegang teguh nilai-nilai luhur yang menjadi perintah dan larangan, sehingga hidup mereka dahulu sangat damai dan indah. Berikut ini ada 4 Wewaler jawa tentang Ketuhanan yang Maha Esa yang baik untuk kita ketahui :

Loading...
wewaler jawa
Loading...
wewaler jawa
  • “Åjå andhisiki kêrså”

Jangan mendahului kehendak Tuhan.

  • “Åjå sirå múng kèlingan barang kang katón waé, sêbab kang katón gumêlar iki anané malah ora langgêng”

Janganlah engkau hanya ingat keadaan yang tampak saja, sebab hal yang tak tampak ini adanya malah tidak abadi.

  • “Åjå sirå wani marang wóng atuwanirå, jalaran sirå bakal kenå bêndhu såkå Kang Murbèng Dumadi”

Janganlah engkau berani terhadap orang tuamu, sebab engkau akan kena murka dari Tuhan.

Loading...
  • “Åjå darbé pangirå yèn múng piyandêlirå iku kang saka Pangéran. Kabèh piyandêl iku asalé såkå Pangéran. Íng ngêndi papan Pangéran iku ånå”

Jangan beranggapan Kalau imanmu itu saja yang dari Tuhan. Semua iman hakikatnya berasal dari Tuhan. Dimana – mana Tuhan itu ada.

Bagaimana, indah bukan? dan tentunya itu segala larangan itu juga baik untuk ditaati karena tidak bertentangan dengan ilmu Agama apapun. Jadi mari lestarikan budaya, karena budaya bukanlah sesuatu yang bertentangan atau sesuatu yang harus digantikan dengan Agama. Kedaunya sangat bisa berjalan beriringan dengan menggunakan akal dan pikiran yang sehat.

Semoga wewaler jawa tentang Ketuhan yang Maha Esa ini membuat kita semakin menghargai kehidupan dan menghormati Tuhan, sehingga hidup kita semakin dekan dengan sang Pencipta sehingga dunia akan jauh dari angkara murka.

Loading...
Loading...

, , ,
Artikel Terkait
Latest Posts from DalangSeno.com